%A NIM: 1320411178 Resty Puspa Garina %O Dr.Abdul Munip, M.Ag %T MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM SUNAN PANDANARAN YOGYAKARTA %X Penelitian ini dilatarbelakangi karena peranan Bahasa Arab yang sangat penting, yakni sebagai alat untuk mengkaji kitab dan teks-teks berbahasa arab, pengelola maupun dosen bahasa Arab sendiri mempunyai strategi khusus tentunya dalam meningkatkan kemampuan bahasa Arab mahasiswa di STAISPA, terutama karena bahasa Arab di STAISPA bukan ditujukan untuk menigkatkan kemampuan komunikasi melainkan sebagai media untuk memahami kitab klasik maupun modern. Salah satu pengembangan kurikulum yang dilaksanakan pihak lembaga termasuk dosen Bahasa Arab yakni diadakannya UPT Bahasa sebagai sarana dan kegiatan penunjang untuk menigkatkan kemampuan Bahasa Arab mahasiswa terutama dari segi gramatika Bahasa Arab namun dibalik usaha lembaga ini dalam meningkatkan pembelajaran bahasa Arab pada kenyataan dilapangan diketahui ada beberapa kendala dalam implementasi manajemen ini yaitu, sebagian dari mahasiswanya kurang meminati mata kuliah bahasa Arab hal ini ditunjukan dengan sedikitnya mhasiswa yang datang pada kelas mata kuliah bahasa Arab, untuk itu peneliti disini akan mengungkapkan bagaimana sesungguhnya manajemen pembelajaran bahasa Arab di STAISPA. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan, dengan menggunakan teori manajemen kurikulum. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pengamatan partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi, yang berkaitan dengan pokok permasalahan yang dibahas, baik berupa buku-buku, artikel ilmiah, jurnal, dan lain-lain.Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui manajemen kurikulum Bahasa Arab di STAISPA dari segi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi, yang diharapkan mampu menjadi contoh maupun pedoman bagi sekolah tinggi yang beratar belakang tahfidz. Hasil penelitian ini adalah bahwasanya implementasi manajemen kurikulum Bahasa Arab yag didalamnya sekaligus terdapat manajemen pembelajaran yang telah dikembangkan oleh pihak Sekolah Tinggi Agama Islam Pandanaran Yogyakarta, secara manajemen sudah terlaksana. Adapun tahapan manajemen kurikulum yang dilakukan oleh pihak pengurus STAISPA sekaligus dosen mata kuliah dibagi menjadi empat tahap: 1) Perencanaan, 2) Pengorganisasian, 3) Pelaksanaan dan 4) Evaluasi, akan tetapi dari pimpementasi yang sudah dilaksanakan ditemukan beberapa kendala yaitu kurangnya minat mahasiswa dan sarana prasarana penunjang pembelajaran bahasa Arab. %K Manajemen, Kurikulum, Pembelajaran Bahasa Arab %D 2015 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib17688