eprintid: 17690 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/01/76/90 datestamp: 2015-10-16 02:07:11 lastmod: 2015-10-16 02:07:11 status_changed: 2015-10-16 02:07:11 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Abdurrahman Bin Jaroh, 10140052 title: PERSEPSI PEMUSTAKA TERHADAP SISTEM LAYANAN SIRKULASI CLOSED ACCESS DI PERPUSTAKAAN BALAI BAHASA YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: IA divisions: jur_ipis1 full_text_status: restricted keywords: PersepsiPemustaka, SirkulasiClosed Access, LayananSirkulasi note: M. Solihin Arianto, S.Ag.,SIP.,MLIS abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi pemustaka terhadap sistem layanan sirkulasi closed accessdi Perpustakaan Balai Bahasa Yogyakarta. Teori yang digunakan dalam mengukur sistem layanan sirkulasi yaitu Dimensi dan Atribut Model SERVQUAL. Dalam penelitian ini hanya terdapat satu variabel (variabel tunggal), yaitu persepsi pemustaka terhadap sistem layanan sirkulasi closed access. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif. Subyek yang digunakan adalah pemustaka yang menggunakan layanan di Perpustakaan Balai Bahasa Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi sebagai sumber data primer, dan sumber data sekunder menggunakan metode wawancara dan juga observasi. Populasi penelitian adalah seluruh pemustaka selain dari pegawai Balai Bahasa Yogyakarta, sementara sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan penyebaran kuisioner menggunakan teknik accidental sampling. Variabel persepsi dijabarkan menjadi 5 indikator, yaitu kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik. Hasil skor rata-rata keseluruhan yang didapat adalah 3,11 sehingga berdasarkan nilai tesebut dikategorikan bahwa sistem layanan sirkulasi closed access di Perpustakaan Balai Bahasa Yogyakarta tergolong baik. Berdasarkan hasil penelitian, ada beberapa rekomendasi yang diberikan oleh peneliti kepada tempat penelitian. Dimana rekomendasi tersebut diambil berdasarkan nilai pernyataan terendah, adapun rekomendasi tersebut antara lain perlunya lebih bisa memahami masalah dan kebutuhan masalah yang dibutuhkan, perlunya memberikan perhatian yang lebih personal atau lebih komunikatif dengan pemustakanya dan perlunya mengerti tentang keperluan waktu buka yang diberikan lebih leluasa. date: 2015-07-30 date_type: published pages: 120 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Abdurrahman Bin Jaroh, 10140052 (2015) PERSEPSI PEMUSTAKA TERHADAP SISTEM LAYANAN SIRKULASI CLOSED ACCESS DI PERPUSTAKAAN BALAI BAHASA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17690/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17690/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf