@phdthesis{digilib17709, month = {August}, title = {STRATEGI PEMBERDAYAAN PERPUSTAKAAN DALAM MENDORONG SISWA MEMANFAATKAN PERPUSTAKAAN DI SD TUMBUH 1 YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 11140083 PROGRAM ASWI MALIK SHOLIKHAH}, year = {2015}, note = {Marwiyah, S.Sg., SS., M.LIS}, keywords = {SD Tumbuh 1 Yogyakarta, Perpustakaan Sekolah, Pemberdayaan Perpustakaan}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17709/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja strategi pemberdayaan yang dilakukan oleh perpustakaan SD Tumbuh 1 Yogyakarta dalam mendorong siswa memanfaatkan perpustakaan dan mengetahui kendala apa saja yang dihadapi oleh SD Tumbuh 1 Yogyakarta dalam menerapkan strategi pemberdayaan perpustakaan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, Analisis data penelitian menggunakan tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan peningkatan ketekunan, triangulasi, dan membercheck. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa strategi pemberdayaan yang dilakukan oleh perpustakaan SD Tumbuh 1 Yogyakarta dalam mendorong siswa memanfaatkan perpustakaan, yaitu perpustakaan SD Tumbuh 1 Yogyakarta memperhatikan variasi koleksi, melakukan promosi pada setiap kegiatan perpustakaan, pustakawan menjalin komunikasi yang baik kepada siswa dan guru, perpustakaan SD Tumbuh 1 Yogyakarta menyediakan fasilitas bermain dan berkarya untuk siswa, perpustakaan SD Tumbuh 1 Yogyakarta mendorong siswa memanfaatkan perpustakaan dilakukan dengan 7 program kerja perpustakaan, pemberdayaan perpustakaan didukung oleh peran orang tua siswa, dan pemberdayaan perpustakaan dengan menjalin kerjasama dengan instansi lain. Dalam penerapan strategi pemberdayaan perpustakaan terdapat tiga kendala yang dihadapi, yaitu: perpustakaan kurang kondusif, perpustakaan kurang tenaga pustakawan, dan terjadi tabrakan jadwal antar kelas.} }