%A NIM 11140092 ESTI PRATIWI %O Drs. Umar Sidik, SIP., M. Pd %T HUBUNGAN PEMBACAAN BACAAN FIKSI DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan bacaan fiksi dan kecerdasan emosional siswa di SMA N 1 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA N 1 Yogyakarta. Objek penelitian ini adalah bacaan fiksi dan kecerdasaan emosional siswa SMA N 1 Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA N 1 Yogyakarta berjumlah 854 orang, dengan jumlah sampel yang ditetapkan 90 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode incidental sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi nonpartisipan, wawancara, dan dokumentasi. Adapun untuk pengujian validitas dan reliabilitas menggunakan korelasi product moment serta alpha cronbach. Analisis data dalam penentuan hipotesis menggunakan korelasi product moment. Berdasarkan data penelitian yang telah diolah peneliti, hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara bacaan fiksi dan kecerdasan emosional siswa di SMA N 1 Yogyakarta, yang ditandai dengan hasil korelasi product moment sebesar 0,618, dengan hubungan yang baik. Adapun nilai t_hitung (0,618) > t_tabel (0,207) sehingga dapat dinyatakan bahwa ada hubungan yang signifikan antar variabel. Saran dalam penelitian ini adalah siswa perlu meningkatkan kecerdasan emosional mereka terutama dalam hal keterampilan sosial dalam membina hubungan kepada orang lain. %K bacaan fiksi, kecerdasan emosional %D 2015 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib17711