<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "HAK KELUAR RUMAH BAGI WANITA MENURUT PENAFSIRAN IBN KASIR DAN AT-TABATTABA'I DALAM TAFSIR IBN KASIR DAN AL-MIZAN (STUDI METODOLOGI DAN PENAFSIRAN TERHADAP QS. AL-AHZAB (33): 33)"^^ . "Perbedaan pandangan dalam menafsirkan beberapa ayat al-Qur'an yang berkaitan dengan perempuan, salah satunya adalah tentang memandang hak keluar rumah bagi perempuan. Q.S Al-Ahzab (33): 33 misalnya, ayat yang oleh sebagian 'ulama ditafsirkan sebagai pembatasan hak bagi wanita untuk keluar rumah, misalnya Ibn Kasir dan at-Tabataba'i. Dua generasi mufassir tersebut, memberikan penafsiran yang berbeda terhadap QS. al-Ahzab (33): 33, hal ini disebabkan karena keduanya berbeda corak dan metode, sehingga berbeda pula dalam menafsirkan ayat tersebut. Berdasarkan uraian di atas, maka penelitian ini memfokuskan pada dua persoalan, yaitu: 1) Bagaimana penafsiran Ibn Kasir dan at-Tabataba'i tentang hak keluar rumah bagi perempuan dalam Tafsir Ibn Kasir dan al-Mizan berdasarkan Q.S al-Ahzab (33): 33. 2) Bagaimana metodologi penafsiran Ibn Kasir dan at-Tabataba'i tentang hak keluar rumah bagi perempuan dalam Tafsir Ibn Kasir dan al-Mizan berdasarkan Q.S al-Ahzab (33): 33? dan 3) Bagaimana relevansi penafsiran Ibn Kasir dan at-Tabataba'i dengan realitas perempuan di Indonesia? \r\nPenelitian ini merupakan kajian pustaka. Data dalam penelitian ini diperoleh dari Tafsir Ibn Kasir dan al-Mizan. Dan beberapa buku yang membicarakan tentang perempuan. Kajian ini menggunakan metode dokumentasi dengan pendekatan historis sosiologis. Setelah sumber terkumpul, dibaca, dipelajari, dipahami, lalu dianalisis secara deskriptik analitik komparatif melalui proses pemikiran induktif. \r\nDari penelitian ini ditemukan bahwa: Pertama, dalam menafsirkan QS al-Ahzab (33): 33 ini, menurut Ibn Kasir ayat ini merupakan larangan bagi wanita untuk keluar rumah, kecuali jika ada keperluan (hajat). Jika tidak ada keperluan, tambah Ibn Kasir, menurutnya; a) perempuan diharuskan berada di rumah, sebab keberadaan perempuan di dalam rumah menurut Ibn Kasir, pahalanya sama dengan jihad di jalan Allah (bagi para lelaki); b) perempuan adalah aurat. Jika perempuan keluar dari rumahnya, maka akan hilang kehormatannya. Karena menurut Ibn Kasir Allah lebih dekat dengan perempuan yang berada di rumah. Sedangkan penafsiran at-Tabataba'i terhadap ayat tersebut adalah sebutan untuk menetapnya quot;perempuan quot; di dalam rumah-rumah mereka. Namun susunan kalimat dalam satu ayat tidak ditujukan khitab-nya pada kaum wanita secara umum, karena khitab ayat ini secara zahir ditujukan khusus kepada istri-istri Nabi saw. Kedua, dari segi metode penafsiran, tampak Ibn Kasir dan at-Tabataba'i menafsirkan QS al-Ahzab (33): 33 dengan bentuk Tafsir al-Qur'an bi al-Qur'an atau Tafsir bi al-Ma'sur dengan metode tahlili (analitis). Sedangkan dari segi corak penafsirannya, Ibn Kasir dan at-Tabataba'i, tidak memperlihatkan corak penafsirannya masing-masing. Ketiga, berdasarkan metodologi dan penafsiran Ibn Kasir dan at-Tabataba'i terhadap QS al-Ahzab (33): 33 dengan realita perempuan di Indonesia, asumsi penulis, perlu pembacaan ulang terhadap ayat tersebut, sebab penafsiran keduanya sudah melampau zaman di mana masa Ibn Kasir dan at-Tabataba'i hidup. "^^ . "2009-03-30" . . . . "UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . "Fakultas Ushuluddin, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta"^^ . . . . . . . . . . " "^^ . "MUHAMMAD HUSNI MAHBUB NIM. 01530636"^^ . " MUHAMMAD HUSNI MAHBUB NIM. 01530636"^^ . . . . . . "HAK KELUAR RUMAH BAGI WANITA MENURUT PENAFSIRAN IBN KASIR DAN AT-TABATTABA'I DALAM TAFSIR IBN KASIR DAN AL-MIZAN (STUDI METODOLOGI DAN PENAFSIRAN TERHADAP QS. AL-AHZAB (33): 33) (Text)"^^ . . . . . "BAB I, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "HAK KELUAR RUMAH BAGI WANITA MENURUT PENAFSIRAN IBN KASIR DAN AT-TABATTABA'I DALAM TAFSIR IBN KASIR DAN AL-MIZAN (STUDI METODOLOGI DAN PENAFSIRAN TERHADAP QS. AL-AHZAB (33): 33) (Text)"^^ . . . . . "HAK KELUAR RUMAH BAGI WANITA MENURUT PENAFSIRAN IBN KASIR DAN AT-TABATTABA'I DALAM TAFSIR IBN KASIR DAN AL-MIZAN (STUDI METODOLOGI DAN PENAFSIRAN TERHADAP QS. AL-AHZAB (33): 33) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "HAK KELUAR RUMAH BAGI WANITA MENURUT PENAFSIRAN IBN KASIR DAN AT-TABATTABA'I DALAM TAFSIR IBN KASIR DAN AL-MIZAN (STUDI METODOLOGI DAN PENAFSIRAN TERHADAP QS. AL-AHZAB (33): 33) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "HAK KELUAR RUMAH BAGI WANITA MENURUT PENAFSIRAN IBN KASIR DAN AT-TABATTABA'I DALAM TAFSIR IBN KASIR DAN AL-MIZAN (STUDI METODOLOGI DAN PENAFSIRAN TERHADAP QS. AL-AHZAB (33): 33) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "HAK KELUAR RUMAH BAGI WANITA MENURUT PENAFSIRAN IBN KASIR DAN AT-TABATTABA'I DALAM TAFSIR IBN KASIR DAN AL-MIZAN (STUDI METODOLOGI DAN PENAFSIRAN TERHADAP QS. AL-AHZAB (33): 33) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "HAK KELUAR RUMAH BAGI WANITA MENURUT PENAFSIRAN IBN KASIR DAN AT-TABATTABA'I DALAM TAFSIR IBN KASIR DAN AL-MIZAN (STUDI METODOLOGI DAN PENAFSIRAN TERHADAP QS. AL-AHZAB (33): 33) (Other)"^^ . . . . . . "HAK KELUAR RUMAH BAGI WANITA MENURUT PENAFSIRAN IBN KASIR DAN AT-TABATTABA'I DALAM TAFSIR IBN KASIR DAN AL-MIZAN (STUDI METODOLOGI DAN PENAFSIRAN TERHADAP QS. AL-AHZAB (33): 33) (Other)"^^ . . . . . . "HAK KELUAR RUMAH BAGI WANITA MENURUT PENAFSIRAN IBN KASIR DAN AT-TABATTABA'I DALAM TAFSIR IBN KASIR DAN AL-MIZAN (STUDI METODOLOGI DAN PENAFSIRAN TERHADAP QS. AL-AHZAB (33): 33) (Other)"^^ . . . . . . "HAK KELUAR RUMAH BAGI WANITA MENURUT PENAFSIRAN IBN KASIR DAN AT-TABATTABA'I DALAM TAFSIR IBN KASIR DAN AL-MIZAN (STUDI METODOLOGI DAN PENAFSIRAN TERHADAP QS. AL-AHZAB (33): 33) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #1773 \n\nHAK KELUAR RUMAH BAGI WANITA MENURUT PENAFSIRAN IBN KASIR DAN AT-TABATTABA'I DALAM TAFSIR IBN KASIR DAN AL-MIZAN (STUDI METODOLOGI DAN PENAFSIRAN TERHADAP QS. AL-AHZAB (33): 33)\n\n" . "text/html" . . . "Tafsir Hadist"@en . .