%A NIM: 09220042 Muammar Ardian Aprianto %O A. Said Hasan Basri, S.Psi., M.Si. %T FENOMENA STRES BELAJAR PESERTA DIDIK SMK MUHAMMADIYAH 1 MOYUDAN %X Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis pendekatan kualitatif deskriptif. Informan penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling SMK Muhammadiyah 1 Moyudan. Subjek penelitian ini adalah tiga orang peserta didik yang memiliki permasalahan terkait stres belajar di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Stres belajar merupakan gangguan emosional atau psikologis yang terjadi pada peserta didik akibat ketidakmampuan mereka dalam menerima dan memahami pelajaran yang diberikan di sekolah dan berdampak terhadap perilaku, proses serta hasil belajar para peserta didik. Bentuk stres belajar yang dialami peserta didik di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan berkaitan dengan pikiran, perasaan, perilaku dan tubuh atau fisik. Adapun faktor-faktor yang menyebabkan para peserta didik mengalami stres belajar meliputi faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi kepribadian peserta didik, motivasi belajar yang menurun pada diri peserta didik, kesehatan peserta didik dan faktor eksternal seperti interaksi sosial di lingkungan sekitar Kata Kunci: Stres Belajar, Peserta Didik %K Kata Kunci: Stres Belajar, Peserta Didik %D 2015 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib17747