TY - THES N1 - Muhsin Kalida, S.Ag. M.A ID - digilib17755 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17755/ A1 - DWI MARYATI, NIM. 11220074 Y1 - 2015/07/06/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pelaksanaan bimbingan karir dalam mengoptimalkan pembelajaran seni budaya dan keterampilan kelas V SD N Tuguran Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan metode kualitatif. Subyek penelitian ini adalah sebelas siswa kelas V, wali kelas, dan Kepala Sekolah. Sedangkan yang menjadi obyek dalam penelitian di sini adalah metode pelaksanaan bimbingan karir dalam mengoptimalkan pembelajaran seni budaya dan keterampilan kelas V SD N Tuguran Sleman. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian di sini adalah deskriptif kualitatif dimana data yang telah terkumpul disusun dan diklasifikasikan sehingga menggambarkan jawaban dari rumusan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima metode pelaksanaan bimbingan karir dalam mengoptimalkan pembelajaran seni budaya dan keterampilan siswa kelas V SD N Tuguran Sleman. Metode pelaksanaan bimbingan karir tersebut antara lain: pengajaran unit, diskusi kelompok, home room program, karyawisata, dan ceramah. Kelima metode tersebut digunakan oleh wali kelas sekaligus guru pembimbing sesuai dengan materi pembelajaran seni budaya dan keterampilan yang akan disampaikan. Kata kunci: Implementasi Bimbingan Karir, Mengoptimalkan Pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Implementasi Bimbingan Karir KW - Mengoptimalkan Pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan M1 - skripsi TI - IMPLEMENTASI BIMBINGAN KARIR DALAM MENGOPTIMALKAN PEMBELAJARAN SE NI BUDAYA DAN KETERAMPILAN SISWA KELAS V DI SD N TUGURAN AV - public ER -