%0 Thesis %9 Skripsi %A NUR KHAYATI, NIM . 11220082 %B Fakultas Dakwah dan Komunikasi %D 2015 %F digilib:17757 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Regulasi diri, Prestasi Belajar, Cerdas Istimewa %P 145 %T HUBUNGAN ANTARA REGULASI DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XI CERDAS ISTIMEWA SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17757/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan dari rumusan masalah terkait adakah hubungan antara regulasi diri dengan prestasi belajar pada siswa kelas XI Cerdas Istimewa SMA Negeri 5 Yogyakarta dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek yang dilibatkan dalam penelitian ini berjumlah 28 siswa sehingga penelitian ini menggunakan penelitian populasi (seluruh siswa). Alat pengumpul data utama yang digunakan adalah angket untuk variabel Regulasi Diri (X), dokumentasi untuk variabel Prestasi Belajar (Y) dan wawancara sebagai data pelengkap. Analisis data menggunakan studi korelasi Product Moment dari Pearson untuk memperoleh hasil uji normalitas, uji linearitas dan uji hipotesis yakni dengan bantuan SPSS Version 16 for Windows. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan antara regulasi diri dengan prestasi belajar, semakin tinggi regulasi diri yang dilakukan maka prestasi belajar juga akan semakin naik karena regulasi diri dapat membantu dalam pengaturan diri siswa sebagai strategi agar dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif antara regulasi diri dengan prestasi belajar pada siswa kelas XI Cerdas Istimewa SMA Negeri 5 Yogyakarta, yang memiliki koefisien korelasi sebesar r = 0,512 dengan nilai p = 0,000 (p < 0,01). Hal ini berarti bahwa semakin tinggi tingkat regulasi diri siswa maka akan semakin tinggi pula prestasi belajar siswa kelas XI Cerdas Istimewa SMA Negeri 5 Yogyakarta. Kata Kunci : Regulasi diri, Prestasi Belajar, Cerdas Istimewa %Z Drs. Abror Sodik M. Si.