TY - THES N1 - Drs. H Abdullah, M.Si ID - digilib17758 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17758/ A1 - RIDWAN EFENDI, NIM. 11220092 Y1 - 2015/09/22/ N2 - Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya anak yang perkembangan sosial dan emosinya belum sesuai dengan usia yang seharusnya, anak tersebut merupakan anak tunalaras. Penelitian ini bertujuan untuk mengertahui perilaku agresif siswa tunalaras di SLB E Prayuwana Yogyakarta dan layanan bimbingan konseling untuk mengatasi perilaku agresif siswa tunalaras di SLB E Prayuwana Yogyakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah dua guru bimbingan konseling dan tiga siswa tunalaras. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bentuk perilaku agresif siswa tunalaras di SLB E Prayuwana Yogyakarta yaitu hiperaktif, suka menyerang dan menghina. Layanan bimbingan konseling untuk mengatasi perilaku agresif siswa tunlaras adalah berupa konseling individu, bimbingan keagamaan, kunjungan rumah, bimbingan pribadi sosial dan kerjasama dengan guru kelas. Layanan yang diberikan cukup efektif untuk mengatasi perilaku agresif siswa tunalaras di SLB E Prayuwana Yogyakarta. Kata Kunci : Layanan BK, Perilaku Agresif PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Layanan BK KW - Perilaku Agresif M1 - skripsi TI - UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI PERILAKU AGRESIF SISWA TUNALARAS DI SLB E PRAYUWANA YOGYAKARTA AV - restricted EP - 133 ER -