%A NIM 11220119 MAULANA SULISTIO AJI %O Muhsin Kalida, S.Ag., M.A. %T KONSELING KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN KOHESIVITAS SISWA SMA NEGERI 1 DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA %X Latar belakang penelitian ini membahas mengenai tahap-tahap pelaksanaan konseling kelompok dalam meningkatkan kohesivitas siswa, yang pada umumnya jarang sekali sekolah lain yang memiliki program BK tentang konseling kelompok dengan tema semacam ini, salah satu sekolah yang mengadakannya yakni SMA N 1 Depok. SMA N 1 Depok adalah sebuah lembaga pendidikan formal yang letaknya berada di jalan Babarsari, Kecamatan Depok, kabupaten Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahap-tahap pelaksanaan konseling kelompok di SMA N 1 Depok dalam meningkatkan kohesisvitas siswa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan metode kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru pembimbing SMA N 1 Depok, Empat siswa sebagai konseli dan Staff Tata Usaha. Pengumpulan data dengan menggunakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif, data yang telah terkumpul disusun dan didiskripsikan sehingga menggambarkan jawaban dari rumusan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahap-tahap pelaksanaan konseling kelompok dalam meningkatkan kohesivitas siswa di SMA N 1 Depok, yakni tahap pra konseling, tahap pembentukan kelompok, tahap transisi, tahap pelaksanaan, tahap pengakhiran dan tahap evaluasi (follow up/tindak lanjut). Faktor pendukung pelaksanaan konseling kelompok dalam meningkatkan kohesivitas siswa yaitu sumber daya manusia yang berkompeten dan sarana prasarana yang mendukung. Faktor penghambat pelaksanaan konseling kelompok dalam meningkatkan kohesivitas siswa yakni konseli tidak terbuka dan sulit menentukan waktu pelaksanaan konseling kelompok. Kata kunci: konseling kelompok, kohesivitas siswa. %K konseling kelompok, kohesivitas siswa %D 2015 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib17761