TY - THES N1 - AsihWidiWisudawati, M.Pd ID - digilib17851 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17851/ A1 - ARUM NOVIYANTI PUTRI, NIM. 08670005 Y1 - 2015/09/20/ N2 - Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) lanjutan dari skripsi Riana Dewi Astari, S.Pd.Si dengan model pengembangan prosedural. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan butir soal intrumen three-tier test dan untuk mengetahui miskonsepsi apa saja yang dialami peserta didik kelas X di SMA Kolombo Tahun Ajaran 2015/2016 Subyek penelitian ini adalah pesertadidikkelas X SMA Kolombo Sleman Tahun Ajaran 2015/2016 sebanyak 23 peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan cara memberikan tes three-tier mengidentifikasi kelayakan miskonsepsi konsep atom, ion, dan molekul sebanyak 23 butir soal bertingkat yang berbentuk pilihan ganda. Pilihan jawaban peserta didik akan dianalisis sesuai kategori pemahaman siswa yang diistilahkan dengan paham, miskonsepsi, dan kurang paham. Hasil penelitian ini menunjukkan kelayakan butir soal dengan indeks reliabilitas 0,21 (rendah) dan tingkat kesukaran 0,42 (sedang). Miskonsepsi yang dialami peserta didik pada konsep atom, ion dan molekul paling tinggi terjadi pada subkonsep molekul dan ion sebesar 15,36%. Pada subkonsep molekul unsur dan molekul senyawa sebesar 15,11%, pada subkonsep sifat molekul sebesar15,07%, dan pada subkonsep atom sebesar14,73%. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Instrumen three-tier test KW - uji coba KW - miskonsepsi konsep atom KW - ion KW - dan molekul. M1 - skripsi TI - UJI COBA INSTRUMEN THREE-TIER TEST KARYA RIANA DEWI ASTARI DALAM MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI KONSEP ATOM, ION, DAN MOLEKUL SISWA KELAS X DI SMA KOLOMBO SLEMAN TAHUN AJARAN 2015/2016 AV - restricted ER -