<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "NYANYIAN DALAM PERSPEKTIF IBN HAZM DAN IBN AL-QA YYIM AL-JAUZIY AH"^^ . "Tanpa disadari nyanyian telah menjadi bagian dalam kehidupan manusia\r\nBahkan, bagi sebagian yang lain nyanyian sudah menjadi sebuah kcbutuhan\r\npenting dalam hidup manusia. Kesadaran terhadap pentingnya nyanyian sebagai\r\nsuatu kekuatan yang berpengaruh pada jiwa manusia telah memicu banyak\r\npihak-piha.k untuk memanfaatkan nyanyian dalam berbagai aspek kehidupan.\r\nKondisi ini pada a.khimya mcnjerat mereka dalam hidup yang cenderung\r\nmenyimpang. Di tengah-tengab kehidupan yang begitu banyak te.rjadi\r\npenyirnpangan-penyimpangan, ma.ka manusia modem berusaha untuk kembali\r\nkepada fitrahnya, yaitu mengabdi kepada Allah tanpa harus meninggalkan seni\r\nhiburan dalarn kehidupanya. Namun temyata nyanyian relegius, menjadi sarana\r\nyang konon bisa mendekatkan diri kepada Allah, dan menumbuhkan kerinduan\r\nkepada Allah, tida.k bisa diterima oleh ulama secara keseluruhan. Ada ulama\r\nyang mengharamkan dan ada juga ulama yang membolehkan orang\r\nmempelajari, memainkan dan mendengarkan nyanyian dan musik.\r\nNyanyian dalam pandangan para ulama khususnya Ibnul Qayyim dan Ibn\r\nHazm, temyata memunculkan berbagai pendapat yang juga menimbulkan\r\nperbedaan hukum dalam masalah nyanyian ini, sehingga muncullah pertanyaan,\r\napa yang melatar belakangi perbedaan dari perbedaan pendapat tersebut. Dalam\r\npenelitian ini penulis mela.kukan penelitian pustaka. Agar lebih terarah, penulis\r\nmengguna.kan pendekatan normatif untuk menganalisis terhadap data dicoba\r\ndidekati dari norma-norma hukum yang ada, yaitu menganalisis pandangan\r\nIbnul Qayyim al-Jauziyah dan Ibn Hazm tentang nyanyian\r\nIbnul Qayyim a1-Jauziyah sebagai salah satu ulama yang berpendapat\r\nbahwa nyanyian dengan siulan dan tepukan tangan, juga nyanyian yang\r\ndibarengi dengan alat-alat musik secara umum adalah haram. Menurutnya\r\nnyanyian adalah sesuatu yang dapat mengbalangi hati dari al-Qur'an dan\r\nmenjadikannya bergelirnang dcngan dosa dan kemaksiatan. Dasar hukum yang\r\ndipa.kai/ menjadi pegangan Ibn Qayyim dalam menetapkan hukum nyanyian ini\r\nadalah dalam firman Allah SWT. Dalam al-Qur'an surat al-Anfal ayat: 35 dan\r\nsurat luqman ayat: 6-7. Ibn Qayyim juga memperkuat hal terse but dcngan hadis\r\nriwayat Tirmizi dari Abi Umamah tentang haramnya jual beli para biduanita.\r\nDalam hal ini Ibn Qayyim berpegang kepada pendapat para sahabat seperti Ibn\r\nUmar, Ibn Mas'ud, dan Ibn Abbas yang menafsirkan Qur'an Surat Luqman ayat\r\n6 dengan nyanyian.\r\nIbn Hazm salah satu ulama dari mazhab zahiri mengata.kan bahwa hukum\r\nnyanyian tersebut bukan merupakan perbuatan yang diharamkan.\r\nBeliau menegaskan bahwa segala sesuatu itu tergantung pada niatnya. Jika ia\r\nmcndengar nyanyian dengan ma.ksud untuk bennaksiat kepada Allah maka ia\r\nfasik. Begitu pula sebaliknya, jika seseorang mendengar nyanyian untuk\r\nmenghibur diri sehingga setelah itu ia dapat berbuat taat kepada Allah dan\r\nmengerjakan kebaikan dengan sungguh-sungguh, maka ia tennasuk orang yang\r\nmuhsin. Adapun dalil-dalil yang digunakan sebagai dasar penghalalan nyanyian\r\nini adalah finnan Allah surat al-Baqarah ayat: 29 dan 275. Juga surat al-An'am\r\nayat: 119. Hal ini juga diperkuat dengan hadis. Selama tidak ada penjelasan\r\nterperinci tentang pengharamannya baik dari Allah maupun dari Rasulnya,\r\nmaka hukumnya berarti halal mutlak. Adapun dalil-dalil yang dianggap\r\nmenunjukkan keharamannya adalah da'if, sehingga tidak bisa dijadikan huijah."^^ . "2007-02-24" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS SYARI'AH, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 02361661"^^ . "AHMAD ZA'FARON AHBAB"^^ . "NIM. 02361661 AHMAD ZA'FARON AHBAB"^^ . . . . . . "NYANYIAN DALAM PERSPEKTIF IBN HAZM DAN IBN AL-QA YYIM AL-JAUZIY AH (Text)"^^ . . . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "NYANYIAN DALAM PERSPEKTIF IBN HAZM DAN IBN AL-QA YYIM AL-JAUZIY AH (Text)"^^ . . . . . "NYANYIAN DALAM PERSPEKTIF IBN HAZM DAN IBN AL-QA YYIM AL-JAUZIY AH (Other)"^^ . . . . . . "NYANYIAN DALAM PERSPEKTIF IBN HAZM DAN IBN AL-QA YYIM AL-JAUZIY AH (Other)"^^ . . . . . . "NYANYIAN DALAM PERSPEKTIF IBN HAZM DAN IBN AL-QA YYIM AL-JAUZIY AH (Other)"^^ . . . . . . "NYANYIAN DALAM PERSPEKTIF IBN HAZM DAN IBN AL-QA YYIM AL-JAUZIY AH (Other)"^^ . . . . . . "NYANYIAN DALAM PERSPEKTIF IBN HAZM DAN IBN AL-QA YYIM AL-JAUZIY AH (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "NYANYIAN DALAM PERSPEKTIF IBN HAZM DAN IBN AL-QA YYIM AL-JAUZIY AH (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "NYANYIAN DALAM PERSPEKTIF IBN HAZM DAN IBN AL-QA YYIM AL-JAUZIY AH (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "NYANYIAN DALAM PERSPEKTIF IBN HAZM DAN IBN AL-QA YYIM AL-JAUZIY AH (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #17856 \n\nNYANYIAN DALAM PERSPEKTIF IBN HAZM DAN IBN AL-QA YYIM AL-JAUZIY AH\n\n" . "text/html" . . . "Perbandingan Madzhab"@en . .