%0 Thesis %9 Skripsi %A SITI MUKHOLIFAH, NIM. 11240075 %B Fakultas Dakwah dan Komunikasi %D 2015 %F digilib:17857 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah %P 120 %T PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA BPRS DANA HIDAYATULLAH YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17857/ %X Pesatnya pendirian dan perkembangan bank syariah di Indonesia telah memberikan alternatif baru bagi pengguna jasa perbankan. Dalam pesatnya perkembangan bank syariah diperlukan pelayanan yang berkualitas untuk memenuhi harapan pelayanan kepada nasabah agar kepuasan nasabah dapat dicapai oleh perbankan syariah. BPRS Dana Hidayatullah merupakan lembaga intermediasi syariah antara pemilik dana dan pengguna dana dengan pola kerjasama yang sesuai atas prinsip-prinsip syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan mengenai kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah dengan menganalisis enam variabel yang diujikan yakni variabel compliance, tangibles, empathy, reability, responsiveness, assurance yang diujikan kepada kepuasan nasabah pada BPRS Dana Hidayatullah Yogyakarta. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif-kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling serta pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis penelitian ini adalah analisis regresi berganda dan uji hipotesis secara parsial dan simultan. Hasil penelitian menunjukkan nilai R Square sebesar 0,865 artinya 86,5% kepuasan nasabah pada BPRS Dana Hidayatullah Yogyakarta dipengaruhi oleh kualitas pelayanan compliance, tangibles, empathy, reability, responsiveness, dan assurance sedangkan sisanya 13,5% dipengaruhi oleh variabel yang tidak dimasukkan dalam model ini. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan secara positif dan signifikan mempengaruhi kepuasan nasabah dengan F hitung 74.539 dengan signifikansi sebesar .000, sedangkan secara parsial empathy, reliability, assurance dan tangible memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Responsiveness secara parsial tidak memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Kata Kunci :Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah %Z ARIS RISDIANA, S. Sos. I., MM