@phdthesis{digilib17888, month = {September}, title = {PENGEMBANGAN BUKU PESERTA DIDIK BERBASIS INQUAIRY BASED SCIENCE EDUCATION (IBSE) DARI LA MAIN {\'A} LA P{\'A}TE UNTUK SMP/MTS KELAS VII DENGAN TEMA KLASIFIKASI ZAT}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 11670014 AMANATUL QUDSIYAH}, year = {2015}, note = {Asih Widi Wisudawati, M.Pd.}, keywords = {buku peserta didik, pendekatan IBSE, klasifikasi zat, IPA SMP/MTs.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17888/}, abstract = {Terbatasnya ketersediaan sumber belajar yang dapat memberikan pengalaman peserta didik, kemampuan berpikir, bekerja, serta mengkomunikasikannya.Pengembangan Buku Peserta Didik Berbasis Inquairy Based Science Education dari La main {\'a} la p{\'a}te untuk SMP/MTs Kelas VII dengan Tema Klasifikasi Zat bertujuan untuk mengkaji karakteristik produk buku peserta didik berbasis Inquairy Based Science Education dari La main {\'a} la p{\'a}te untuk SMP/MTs Kelas VII dengan Tema Klasifikasi Zat yang digunakan sebagai penunjang dalam proses pembelajaran IPA, serta untuk mengkaji kualitas buku peserta didik berbasis Inquairy Based Science Education dari La main {\'a} la p{\'a}te untuk SMP/MTs Kelas VII berdasarkan hasil penilaian pendidik IPA SMP/MTs dan respon dari peserta didik kelas VIII. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan buku peserta didik berbasis Inquairy Based Science Education dari La main {\'a} la p{\'a}te untuk SMP/MTs Kelas VII adalah model pengembangan ADDIE. Tahap penelitian dan pengembangan tersebut adalah analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Produk yang dikembangkan berdasarkan tinjauan dari dosen pembimbing, dosen ahli materi, media dan bahasa, serta peer reviewer, dinilai oleh 2 pendidik IPA SMP yang mempunyai pemahaman tentang IBSE dan direspon oleh 10 peserta didik kelas VIII. Penilaian dilakukan dengan menggunakan instrumen penilaian skala 5 untuk pendidik, dan instrumen skala Guttman untuk peserta didik. Penilaian kualitas berdasarkan penilaian pendidik terdiri dari 13 aspek dengan 26 kriteria, dan instrumen respon peserta didik terdiri dari 5 aspek dengan 14 kriteria. Hasil penilaian dan respon berupa data kualitatif yang diubah menjadi data kuantitatif, selanjutnya dianalisis menggunakan statistika deskriptif untuk menentukan kualitas buku peserta didik yang dikembangkan. Hasil penelitian produk buku peserta didik berbasis IBSE dengan empat sintaks yaitu menanya, menyusun hipotesis, melakukan eksperimen, mengkomunikasikan, dan menyimpulkan. Berdasarkan penilaian dari 2 pendidik IPA SMP mendapatkan kualitas Sangat Baik (SB) dengan total skor 112,5 dan persentase keidealan 86,53\%. Peserta didik memberikan respon positif dengan total skor 11,9 dan persentase keidealan 85\%. Berdasarkan hasil tersebut, maka buku peserta didik berbasis IBSE yang dikembangkan, memiliki kualitas Sangat Baik (SB).} }