TY - THES N1 - Shidiq Premono, M.Pd ID - digilib17894 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17894/ A1 - BEKTI WIDIASTUTI, NIM. 11670021 Y1 - 2015/09/20/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share yang dipadukan dengan Make a Match terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dengan desain penelitian pretest postest control group design. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas berupa pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share yang dipadukan dengan Make a Match serta variabel terikat berupa motivasi dan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pajangan tahun ajaran 2014/2015 semester genap. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu ujian hasil belajar dan skala motivasi belajar. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis menggunakan uji U Mann Whitney dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran kimia dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share yang dipadukan dengan Make a Match berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai sig.(2-tailed) 0,002 < ? 0,05, (2) Pembelajaran kimia dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share yang dipadukan dengan Make a Match berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai sig.(2-tailed) 0,001 < ? 0,05. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - think pair share KW - make a match KW - motivasi belajar KW - hasil belajar KW - uji u mann whitne KW - uji-t M1 - skripsi TI - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE YANG DIPADUKAN DENGAN MAKE A MATCH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KIMIA SMA NEGERI 1 PAJANGAN BANTUL TAHUN AJARAN 2014/2015 AV - restricted ER -