eprintid: 17899 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/78/99 datestamp: 2015-10-20 06:53:15 lastmod: 2015-10-20 06:53:15 status_changed: 2015-10-20 06:53:15 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: DYAH HESTI HANDARINI, NIM. 11670024 title: PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA PEMBELAJARAN ELEKTROLISIS SEBAGAI SUMBER BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XII SMA/MA ispublished: pub subjects: pen_kim divisions: jur_pekim full_text_status: restricted keywords: modul kimia, scientific approach, elektrolisis dan sumber belajar note: Karmanto, M.Sc. abstract: Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan kelayakan modul kimia berbasis scientific approach pada pembelajaran elektrolisis sebagai sumber belajar peserta didik kelas XII SMA/MA. Pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4-D. Model ini menggunakan empat tahapan yaitu define (pendefinisisan), design (perancangan), development (pengembangan) dan dissemination (penyebarluasan) namun tahap penyebarluasan tidak dilaksanakan dalam penelitian ini. Produk modul kimia ini divalidasi oleh dosen pembimbing, ahli materi, ahli media dan tiga orang peer reviewer. Penilaian produk dilakukan oleh reviewer yaitu 3 guru kimia SMA/MA yang memahami scientific approach serta direspon oleh 10 peserta didik kelas XII SMA/MA. Instrumen yang digunakan berupa angket daftar cek (check list). Hasil penilaian dan respon berupa data kualitatif kemudian diubah menjadi data kuantitatif menggunakan skala likert. Untuk mengetahui kelayakan modul, data diolah dngan menggunakan pedoman kriteria kategori penilaian ideal dan presentase keidealan untuk menentukan kelayakan modul kimia yang dikembangkan. Karakteristik modul yang dikembangkan adalah memuat tahap scientific approach yaitu mengamati, menanya, mencoba, menalar dan membentuk jejaring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan modul kimia yang dikembangkan menurut tiga guru kimia SMA/MA memiliki nilai Sangat Baik (SB) dengan jumlah skor 110 dari skor maksimal ideal 120 dan presentase keidealan sebesar 91,67%, sedangkan respon dari sepuluh peserta didik memiliki respon Baik (B) dengan skor 56,3 dari skor maksimal 68 dan presentase keidealan sebesar 82,79%. Dari hasil ini maka, modul kimia yang dikembangkan layak digunakan sebagai sumber belajar peserta didik pada pembelajaran elektrolisis kelas XII SMA/MA. date: 2015-09-20 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: DYAH HESTI HANDARINI, NIM. 11670024 (2015) PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH PADA PEMBELAJARAN ELEKTROLISIS SEBAGAI SUMBER BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XII SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17899/2/11670024_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17899/1/11670024_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf