%A NIM. 11670042 HANI HASTIKA %O Jamil Suprihatiningrum, M.Pd %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBASIS VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) TERHADAP KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR SISWA %X Telah dilakukan penelitian dengan judul “Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbasis Value Clarification Technique (VCT) terhadap keterampilan berkomunikasi dan hasil belajar siswa”. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji: (1) Pengaruh penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbasis Value Clarification Technique (VCT) terhadap keterampilan berkomunikasi siswa (2) Pengaruh penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbasis Value Clarification Technique (VCT) terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian adalah quasi experimental dengan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI IPA MAN Gandekan Bantul tahun ajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel dengan cluster random sampling, terpilih kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbasis Value Clarification Technique (VCT) sedangkan pada kelas kontrol diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran tipe jigsaw. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan pengisian skala keterampilan berkomunikasi untuk mengetahui keterampilan berkomunikasi siswa dan ujian untuk mengetahui hasil belajar siswa. Uji hipotesis menggunakan uji T test didukung dengan menggunakan uji N.Gain, dan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran kimia dengan menggunakan model Numebered Head Together (NHT) berbasis Value Clarification Technique (VCT) tidak berpengaruh terhadap keterampilan berkomunikasi siswa yang ditunjukkan dengan nilai sig.(2-tailed) 0,186 >α 0,05. (2) Pembelajaran kimia dengan menggunakan model Numebered Head Together (NHT) berbasis Value Clarification Technique (VCT) lebih berpengaruh terhadap hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai sig.(2-tailed) 0,049 < α 0,05. %K Pendekatan VCT, keterampilan berkomunikasi, T test %D 2015 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib17913