eprintid: 1792 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/17/92 datestamp: 2012-07-19 14:40:02 lastmod: 2016-12-27 07:35:39 status_changed: 2012-05-04 16:41:35 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MUHAMMAD IMRON - NIM. 02210881 , title: STRATEGI MARKETING RADIO KOMERSIAL (STUDI TERHADAP UNISI FM YOGYAKARTA) ispublished: pub subjects: PA divisions: jur_kpi full_text_status: restricted keywords: strategi marketing, radio komersial, Unisi FM note: PEMBIMBING: KHOIROUMATIN, M.SI abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi marketing Unisi FM sebagai radio komersial. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui praktek marketing pada Unisi FM. Untuk mengetahui hal tersebut dibutuhkan adanya kesesuaian antara teori dan praktik. Penelitian ini apabila dilihat berdasarkan tempat merupakan penelitian lapangan (field research). Sumber data penelitian ini adalah Direktur Utama, Manager Komersial yang membawahi staf bidang pemasaran, Sekretaris perusahaan sekaligus PR dan Manager News and talkshow. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi, observasi serta analisis data. Hasil penelitian menunjukkan strategi-strategi yang di gunakan Unisi FM sebagai berikut : 1) Strategi jemput bola artinya Unisi secara aktif bekerjasama dengan beberapa pihak EO untuk peliputan dan penyiaran berita hal ini dibuktikan dengan peliputan even-even promosi Close Up di beberapa kampus di Yogyakarta. 2) Memperbanyak Sales Promotion di bidang Off Air. Selama ini Unisi FM menjalin kerjasama yang baik dengan produsen Lux dan sudah lebih dari 50 kali mengadakan even di Daerah Istimewa Yogyakarta. Dengan telkomsel Unisi sudah mengadahan lebih dari 11 kali even. Unisi juga pernah bekerjasama dengan Trans TV dalam acara Extravaganza. Terakhir Unisi bekerjasama dengan SCTV dalam acara pundi amal menggalang dana kemanusiaan. 3) Mendirikan Media Developmen Training ( MDO ) pada tahun 2006 yang menaungi diklatdiklat penyiaran dasar radio yang materinya : pelatihan penyiar dasar, pelatihan dasar produksi, pelatihan penulisan naskah iklan serta olah vocal. 4) Mendirikan Production House ( PH ) pada tahun 2005. Produktion House ini sudah menyelesaikan beberapa produk off air antara lain : Paket story musik yang mengisahkan perjalanan terciptanya sebuah lagu mulai dari inspirasi ide, pembuatan lirik dan musik sampai dapur rekaman. Paket jalan-jalan sore, even tahunan ini di adakan pada bulan ramadhan dan sudah terlaksana 3 tahun terakhir. 5) Momedernisasi alat-alat core siaran, ruang studio dan studio jalan ( mobil siar) di tambah strategi-strategi lain yaitu : brand, differentiation, positioning, segmentation, targeting, marketing mix, selling, service, process. date: 2009-04-01 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Dakwah thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2009-04-01 13:53:57 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--muhammadim-1496-1-muhammad-).pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/30/digilib-uinsuka--muhammadim-1496-1-muhammad-).pdf ; url download server lama : /download.php?id=1877 ; nama file lama : MUHAMMAD IMRON 02210881 STRATEGI MARKETING RADIO KOMERSIAL (STUDI TERHADAP UNISI FM YOGYAKARTA).pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 538973 Kb. penulis : ; Copyright 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: MUHAMMAD IMRON - NIM. 02210881 , (2009) STRATEGI MARKETING RADIO KOMERSIAL (STUDI TERHADAP UNISI FM YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1792/1/BAB%20I%2C%20BAB%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1792/2/BAB%20II%2C%20BAB%20III.pdf