%A NIM. 08600001 WIWIT HARWANTO
%O Iwan Kuswidi, S.Pd.I, M.Sc
%T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK
TALK WRITE DENGAN LEMBAR KERJA SISWA TERSTRUKTUR
BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP KEAKTIFAN DAN
PEMAHAMAN KONSEP
%X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) apakah pembelajaran
matematika di kelas VIII SMP N 2 Sewon Bantul dengan model pembelajaran
kooperatif tipe think talk write dengan lembar kerja terstruktur berbantuan alat
peraga lebih efektif dibanding model pembelajaran konvensional terhadap
keaktifan siswa. 2) apakah pembelajaran matematika di kelas VIII SMP N 2
Sewon Bantul dengan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write dengan
lembar kerja terstruktur berbantuan alat peraga lebih efektif dibanding model
pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep siswa.
Jenis penelitian ini adalah quasy experiment atau eksperimen semu dengan
desain Nonequivalent Control Group Design. Variabel bebas (independent
variable) dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif
tipe think talk write dengan LKS terstruktur berbantuan alat peraga dan
pembelajaran konvensional sedangkan variabel terikat (dependent variable)
adalah keaktifan dan pemahaman konsep. Populasi dalam penelitian ini adalah
siswa kelas VIII SMP N 2 Sewon Bantul tahun ajaran 2013/2014. Teknik
sampling yang dipakai dalam penelitian ini adalah sampling purposive, kelas VIII
F sebagai kelas kontrol dengan siswa sebanyak 27 siswa dan VIII G sebagai kelas
eksperimen dengan siswa sebanyak 28 siswa.
Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan independent sample
t-test dengan bantuan SPSS, yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan
homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran matematika
di kelas VIII SMP N 2 Sewon Bantul dengan model pembelajaran kooperatif tipe
think talk write dengan lembar kerja terstruktur berbantuan alat peraga lebih
efektif dibanding model pembelajaran konvensional terhadap keaktifan siswa. 2)
pembelajaran matematika di kelas VIII SMP N 2 Sewon Bantul dengan model
pembelajaran kooperatif tipe think talk write dengan lembar kerja terstruktur
berbantuan alat peraga lebih efektif dibanding model pembelajaran konvensional
terhadap pemahaman konsep siswa.
%K Efektivitas, Kooperatif, TTW (Think Talk Write), LKS Terstruktur,
Alat Peraga, Pemahaman Konsep, Keaktifan
%D 2015
%I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
%L digilib17920