eprintid: 17920 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/79/20 datestamp: 2015-10-21 01:14:22 lastmod: 2015-10-21 01:14:39 status_changed: 2015-10-21 01:14:22 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: WIWIT HARWANTO, NIM. 08600001 title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE DENGAN LEMBAR KERJA SISWA TERSTRUKTUR BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP ispublished: pub subjects: pen_mat divisions: jur_pemat full_text_status: restricted keywords: Efektivitas, Kooperatif, TTW (Think Talk Write), LKS Terstruktur, Alat Peraga, Pemahaman Konsep, Keaktifan note: Iwan Kuswidi, S.Pd.I, M.Sc abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) apakah pembelajaran matematika di kelas VIII SMP N 2 Sewon Bantul dengan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write dengan lembar kerja terstruktur berbantuan alat peraga lebih efektif dibanding model pembelajaran konvensional terhadap keaktifan siswa. 2) apakah pembelajaran matematika di kelas VIII SMP N 2 Sewon Bantul dengan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write dengan lembar kerja terstruktur berbantuan alat peraga lebih efektif dibanding model pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep siswa. Jenis penelitian ini adalah quasy experiment atau eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Variabel bebas (independent variable) dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write dengan LKS terstruktur berbantuan alat peraga dan pembelajaran konvensional sedangkan variabel terikat (dependent variable) adalah keaktifan dan pemahaman konsep. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 2 Sewon Bantul tahun ajaran 2013/2014. Teknik sampling yang dipakai dalam penelitian ini adalah sampling purposive, kelas VIII F sebagai kelas kontrol dengan siswa sebanyak 27 siswa dan VIII G sebagai kelas eksperimen dengan siswa sebanyak 28 siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan independent sample t-test dengan bantuan SPSS, yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran matematika di kelas VIII SMP N 2 Sewon Bantul dengan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write dengan lembar kerja terstruktur berbantuan alat peraga lebih efektif dibanding model pembelajaran konvensional terhadap keaktifan siswa. 2) pembelajaran matematika di kelas VIII SMP N 2 Sewon Bantul dengan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write dengan lembar kerja terstruktur berbantuan alat peraga lebih efektif dibanding model pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep siswa. date: 2015-09-20 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: WIWIT HARWANTO, NIM. 08600001 (2015) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE DENGAN LEMBAR KERJA SISWA TERSTRUKTUR BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17920/2/08600001_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17920/1/08600001_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf