relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17929/ title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DENGAN METODE SNOWBALL DRILLING BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR SISWA creator: NURUL ABIDIN, NIM. 10600009 subject: Pendidikan Matematika description: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah: (1) Model pembelajaran MMP dengan metode snowball drilling berbantuan alat peraga lebih efektif dibandingkan penggunaan model pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep, (2) Model pembelajaran MMP lebih efektif dibandingkan penggunaan model pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep matematika, (3) Model pembelajaran MMP dengan metode snowball drilling berbantuan alat peraga tidak lebih efektif dibandingkan penggunaan model pembelajaran MMP terhadap pemahaman konsep matematika, (4) Model pembelajaran MMP dengan metode snowball drilling berbantuan alat peraga lebih efektif dibandingkan penggunaan model pembelajaran konvensional terhadap minat belajar, (5) Model pembelajaran MMP lebih efektif dibandingkan penggunaan model pembelajaran konvensional terhadap minat belajar, (6) Model pembelajaran MMP dengan metode snowball drilling berbantuan alat peraga tidak lebih efektif dibandingkan penggunaan model pembelajaran MMP terhadap minat belajar. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group desain. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas berupa model pembelajaran MMP dengan metode snowball drilling dan dua variabel terikat berupa pemahaman konsep dan minat belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Yogyakarta 2014/2015 yang terbagi dalam 6 kelas, sedangkan dalam penelitian ini kelas VIII E sebagai kelas eksperimen 1, VIII B sebagai kelas eksperimen 2, dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal pretest-posttest pemahaman konsep dan prescale-postscale sikap minat belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik parametris dan nonparametris dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Model pembelajaran MMP dengan metode snowball drilling berbantuan alat peraga lebih efektif dibandingkan penggunaan model pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep, (2) Model pembelajaran MMP lebih efektif dibandingkan penggunaan model pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep matematika, (3) Model pembelajaran MMP dengan metode snowball drilling berbantuan alat peraga tidak lebih efektif dibandingkan penggunaan model pembelajaran MMP terhadap pemahaman konsep matematika, (4) Model pembelajaran MMP dengan metode snowball drilling berbantuan alat peraga lebih efektif dibandingkan penggunaan model pembelajaran konvensional terhadap minat belajar, (5) Model pembelajaran MMP lebih efektif dibandingkan penggunaan model pembelajaran konvensional terhadap minat belajar, (6) Model pembelajaran MMP dengan metode snowball drilling berbantuan alat peraga tidak lebih efektif dibandingkan penggunaan model pembelajaran MMP terhadap minat belajar. date: 2015-09-20 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17929/2/10600009_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17929/1/10600009_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf identifier: NURUL ABIDIN, NIM. 10600009 (2015) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DENGAN METODE SNOWBALL DRILLING BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.