@phdthesis{digilib17932, month = {September}, title = {EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN TEKNIK PERMAINAN TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 10600016 KHAFIDLOTUL LATIFAH}, year = {2015}, note = {Suparni, M. Pd.}, keywords = {Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Teknik Permainan, Hasil Belajar, dan Motivasi Belajar}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17932/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan teknik permainan lebih efektif dibanding dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa dan (2) apakah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan teknik permainan lebih efektif dibanding dengan model pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar siswa. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari satu bebas berupa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan teknik permainan dan dua variabel terikat berupa hasil belajar dan motivasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs N Lab UIN Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015 sebanyak 100 siswa. Sedangkan sampel penelitian ini terdiri dari 49 siswa yang terbagi menjadi dua kelas yaitu VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII B sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes hasil belajar (pretest-posttest), dan lembar angket (preangket-postangket). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik nonparametrik meliputi uji mann whitney untuk variabel hasil belajar dan uji analisis kovariansi untuk variabel motivasi belajar. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 16.0 dan microsoft excel 2007. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan teknik permainan lebih efektif dibanding model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa dan (2) model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan teknik permainan tidak lebih efektif dibanding model pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar siswa.} }