@phdthesis{digilib17933, month = {September}, title = {EFEEKTIVITAS PEMBELAJARAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) DENGAN MENGGUNAKAN PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 10600034 GALUH PUSPITA PRAHARSIWI}, year = {2015}, note = {Suparni, M.Pd.}, keywords = {permainan ular tangga, model pembelajaran kooperatif, metode numbered heads together, keaktifan belajar, pemahaman konsep}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17933/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe NHT dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap keaktifan belajar dan pemahaman konsep siswa , (2) Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan menggunakan permainan ular tangga dibandingkan model pembelajaran konvensional terhadap keaktifan belajar dan pemahaman konsep siswa, (3) Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan menggunakan permainan ular tangga dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap keaktifan belajar dan pemahaman konsep siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experimentdengan desain pretest-posttest control group design. Variabel dalam penelitian ini terdiri atas dua variabel, yaitu variabel bebas dan terikat. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen 1 yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, kelas VII E sebagai kelas eksperimen 2 yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan menggunakan permainan ular tangga,dan kelas VII D sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik analisis data menggunakan statistika parametrik, yaitu uji annova serta statistika nonparametrik yaitu uji Krsukal-Wallis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensional terhadap keaktifan belajar siswa dan pemahaman konsep siswa, (2) Model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan menggunakan permainan ulartangga lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensional terhadap keaktifan belajar siswa dan pemahaman konsep siswa, (3) Model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan menggunakan permainan ulartangga tidak lebih efektif dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap keaktifan belajar siswa dan pemahaman konsep siswa} }