@phdthesis{digilib17934, month = {September}, title = {EFEKTIVITAS PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP KEMAMPUAN GENERALISASI MATEMATIS DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SMP KELAS VII}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 10600037 BASUWATI}, year = {2015}, note = {Sintha Sih Dewanti, S.Pd.Si., M.Pd.Si}, keywords = {Efektivitas, Pendekatan PBL, Kooperatif tipe NHT, Kemampuan Generalisasi Matematis, Keaktifan Belajar Siswa}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17934/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan mengetahui: 1) efektivitas pembelajaran matematika menggunakan pendekatan PBL dengan kooperatif tipe NHT dibandingkan pendekatan PBL atau pembelajaran konvensional terhadap kemampuan generalisasi matematis, 2) efektivitas pembelajaran matematika menggunakan pendekatan PBL dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan generalisasi matematis, 3) efektivitas pembelajaran matematika menggunakan pendekatan PBL dengan kooperatif tipe NHT dibandingkan pendekatan PBL atau pembelajaran konvensional terhadap keaktifan belajar siswa, 4) efektivitas pembelajaran matematika menggunakan pendekatan PBL dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap keaktifan belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan desain pretest-posttest control group. Variabel penelitian ini meliputi variabel bebas (pendekatan PBL dengan kooperatif tipe NHT digunakan di kelas eksperimen I, pendekatan PBL digunakan di kelas eksperimen II, dan pembelajaran konvensional digunakan di kelas kontrol), variabel terikat (kemampuan generalisasi matematis dan keaktifan belajar siswa) dan variabel yang dikontrol (guru, waktu dan materi yang disampaikan). Populasi penelitian ini siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sedayu tahun ajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling random, diperoleh kelas VII E sebagai kelas eksperimen I, kelas VII B sebagai kelas eksperimen II, dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data menggunakan soal tes kemampuan generalisasi matematis dan lembar observasi keaktifan belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan uji statistic yaitu uji One Way Anova dan uji Kruskall-Wallis dengan bantuan software SPSS 16.0. Penelitian ini diperoleh: 1) pembelajaran matematika menggunakan pendekatan PBL dengan kooperatif tipe NHT dibandingkan pendekatan PBL tidak lebih efektif terhadap kemampuan generalisasi matematis tetapi lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan generalisasi matematis, 2) efektivitas pembelajaran matematika menggunakan pendekatan PBL dibandingkan pembelajaran konvensional tidak lebih efektif terhadap kemampuan generalisasi matematis, 3) pembelajaran matematika menggunakan pendekatan PBL dengan kooperatif tipe NHT dibandingkan pendekatan PBL tidak lebih efektif terhadap keaktifan belajar siswa tetapi lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap keaktifan belajar siswa, 4) pembelajaran matematika menggunakan pendekatan PBL dibandingkan pembelajaran konvensional tidak lebih efektif terhadap keaktifan belajar siswa.} }