eprintid: 17936 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/79/36 datestamp: 2015-10-21 02:46:07 lastmod: 2015-10-21 02:46:07 status_changed: 2015-10-21 02:46:07 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ANDIKA MULYO WIDAKSO, NIM. 10600069 title: EFEKTIVITAS STRATEGI PHYSICAL SELF-ASSESSMENT MELALUI METODE HYPNOTEACHING TERHADAP PENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP/MTS KELAS VII ispublished: pub subjects: pen_mat divisions: jur_pemat full_text_status: restricted keywords: Efektivitas, Strategi Physical Self-Assessment Melalui Metode Hypnoteaching, Komunikasi Matmatis, Pemahaman Konsep Siswa note: Suparni, S.Pd., M.Pd abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) efektivitas strategi physical self-assessment melalui metode hypnoteaching lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap komunikasi matematis siswa. 2) efektivitas strategi physical self-assessment melalui metode hypnoteaching lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan desain non equivalent control group desain. Variabel penelitian terdiri atas 2 variabel, yaitu variabel bebas berupa pembelajaran menggunakan strategi physical self assessment melalui metode hypnoteaching, variabel terikatnya yaitu kemampuan komunikasi matematis dan pemahaman konsep. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Ibnul Qayyim Putra tahun ajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive random sampling, diperoleh kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan independent sample one tailed t test dengan bantuan SPSS, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) pembelajaran menggunakan strategi physical self-assessment melalui metode hypnoteaching lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap komunikasi matematis siswa. 2) pembelajaran menggunakan strategi physical self-assessment melalui metode hypnoteaching lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep siswa. date: 2015-09-20 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: ANDIKA MULYO WIDAKSO, NIM. 10600069 (2015) EFEKTIVITAS STRATEGI PHYSICAL SELF-ASSESSMENT MELALUI METODE HYPNOTEACHING TERHADAP PENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP/MTS KELAS VII. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17936/2/10600069_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17936/1/10600069_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf