TY - THES N1 - Mulin Nu?man, M.Pd. ID - digilib17937 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17937/ A1 - NAFIATUL QORIAH, NIM. 10600071 Y1 - 2015/09/20/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving berbasis kontekstual lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. (2) penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving berbasis kontekstual lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap peningkatan kemampuan berpikir kratif matematis siswa Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Variable penelitian ini terdiri atas variabel bebas yaitu model pembelajaran Creative Problem Solving berbasis kontekstual serta variabel terikat yaitu berpikir kritis dan kreatif. Populasi kelas ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Yogyakarta, sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan siswa kelas VIII B tahun ajaran 2014/2015. Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis. Teknik analisis data menggunakan Independent Sample T-Test dengan bantuan SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: model pembelajaran Creative Problem Solving berbasis kontekstual lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa, model pembelajaran Creative Problem Solving berbasis kontekstual tidak lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Creative Problem Solving KW - Pembelajaran Kontekstual KW - Berpikir Kritis KW - Berpikir Kreatif M1 - skripsi TI - EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF MATEMATIS SISWA SMP AV - restricted ER -