eprintid: 17937 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/79/37 datestamp: 2015-10-21 02:47:32 lastmod: 2015-10-21 02:47:32 status_changed: 2015-10-21 02:47:32 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NAFIATUL QORIAH, NIM. 10600071 title: EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF MATEMATIS SISWA SMP ispublished: pub subjects: pen_mat divisions: jur_pemat full_text_status: restricted keywords: Creative Problem Solving, Pembelajaran Kontekstual, Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif note: Mulin Nu’man, M.Pd. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving berbasis kontekstual lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. (2) penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving berbasis kontekstual lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap peningkatan kemampuan berpikir kratif matematis siswa Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Variable penelitian ini terdiri atas variabel bebas yaitu model pembelajaran Creative Problem Solving berbasis kontekstual serta variabel terikat yaitu berpikir kritis dan kreatif. Populasi kelas ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Yogyakarta, sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan siswa kelas VIII B tahun ajaran 2014/2015. Instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis. Teknik analisis data menggunakan Independent Sample T-Test dengan bantuan SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: model pembelajaran Creative Problem Solving berbasis kontekstual lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa, model pembelajaran Creative Problem Solving berbasis kontekstual tidak lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. date: 2015-09-20 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: NAFIATUL QORIAH, NIM. 10600071 (2015) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF MATEMATIS SISWA SMP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17937/2/10600071_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17937/1/10600071_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf