%0 Thesis %9 Skripsi %A DEVI OCTAVIANA, NIM. 11600004 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2015 %F digilib:17938 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Strategi REACT, kemampuan literasi matematis, disposisi matematis. %T PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI STRATEGI REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, AND TRANSFERING) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17938/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) ada atau tidaknya interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematika (KAM) terhadap peningkatan kemampuan literasi matematika siswa; (2) peningkatan kemampuan literasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Strategi REACT dibanding siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (3) ada atau tidaknya interaksi antara pembelajaran dan KAM terhadap peningkatan disposisi matematis siswa; dan (4) peningkatan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Strategi REACT dibanding siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan non-equivalent control group design. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas berupa pembelajaran Strategi REACT dan KAM, serta variabel terikat berupa kemampuan literasi matematis dan disposisi matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2 Sewon, dengan sampel siswa kelas VII C dan VII E. Instrumen yang digunakan adalah soal pretest dan posttest kemampuan literasi matematis, skala disposisi matematis, dan lembar catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan uji anova dua jalur dan uji-t satu pihak (dengan taraf signifikansi 5%). Hasil penelitian ini adalah: (1) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dan KAM terhadap peningkatan kemampuan literasi matematis; (2) peningkatan kemampuan literasi matematis siswa yang memperoleh Strategi REACT lebih baik dibanding siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (3) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dan KAM terhadap peningkatan disposisi matematis; dan (4) peningkatan disposisi matematis siswa yang memperoleh Strategi REACT tidak lebih baik dibanding siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. %Z Dr. Ibrahim, M.Pd.