%0 Thesis %9 Skripsi %A TRI AGITA RINI, NIM. 11600009 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2015 %F digilib:17939 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Efektivitas, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TS-TS, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe LC 7E, Pemahaman Konsep, Komunikasi Matematis %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TS-TS DAN LC 7E BERBANTUAN LKS BERBASIS PMRI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17939/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe TS-TS daripada model pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep matematika siswa. (2) Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe TS-TS daripada model pembelajaran konvensional terhadap komunikasi matematis siswa. (3) Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe LC 7E daripada model pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep matematika siswa. (4) Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe LC 7E daripada model pembelajaran konvensional terhadap komunikasi matematis siswa. (5) Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe TS-TS daripada model pembelajaran kooperatif tipe LC 7E terhadap pemahaman konsep matematika siswa. (6) Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe TS-TS daripada model pembelajaran kooperatif tipe LC 7E terhadap komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan desain nonequivalent control group design. Variabel penelitian terdiri dari dua variabel bebas berupa model pembelajaran kooperatif tipe TS-TS dan tipe LC 7E serta dua variabel terikat berupa pemahaman konsep dan komunikasi matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 3 Banguntapan, dan sampel dalam penelitian adalah kelas VII C sebagai kelas eksperimen 1 dengan model pembelajaran kooperatif tipe TS-TS, kelas VII B sebagai kelas eksperimen 2 dengan model pembelajaran kooperatif tipe LC 7E, serta kelas VII D sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan ada dua macam, yakni instrumen pengumpul data berupa tes (pretest dan posttest) dan instrumen pembelajaran berupa RPP, LKS Berbasis PMRI, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik nonparametrik yang meliputi uji Kruskall-Wallis dan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran kooperatif tipe TSTS tidak lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep matematika siswa. (2) Model pembelajaran kooperatif tipe TS-TS lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap komunikasi matematis siswa. (3) Model pembelajaran kooperatif tipe LC 7E tidak lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep matematika siswa. (4) Model pembelajaran kooperatif tipe LC 7E tidak lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap komunikasi matematis siswa. (5) Model pembelajaran kooperatif tipe TS-TS tidak lebih efektif daripada model pembelajaran kooperatif tipe LC 7E terhadap pemahaman konsep matematika siswa. (6) Model pembelajaran kooperatif tipe TS-TS lebih efektif daripada model pembelajaran kooperatif tipe LC 7E terhadap komunikasi matematis siswa. %Z Sintha Sih Dewanti, M.Pd.Si