relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17941/ title: PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) creator: WAWAN SETIA BUDI, NIM. 11600013 subject: Pendidikan Matematika description: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) ada atau tidaknya interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematis terhadap peningkatan kemampuan literasi matematis siswa; (2) peningkatan kemampuan literasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dibandingkan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (3) ada atau tidaknya interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematis terhadap peningkatan disposisi matematis siswa; dan (4) peningkatan disposisi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dibandingkan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan non-equivalent control group design. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas berupa model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan kemampuan awal matematis (KAM), serta variabel terikat berupa kemampuan literasi matematis dan disposisi matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 5 Yogyakarta , dengan sampel siswa kelas 8-6 dan 8-7. Instrumen yang digunakan adalah soal pretest dan posttest kemampuan literasi matematis, skala disposisi matematis, dan lembar catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan uji anova dua jalur dan uji-t satu pihak (dengan taraf signifikansi 5%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematis terhadap peningkatan kemampuan literasi dan disposisi matematis siswa. (2) Peningkatan kemampuan literasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih baik dibandingkan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. (3) Peningkatan disposisi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) tidak lebih baik dibandingkan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. date: 2015-09-20 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17941/2/11600013_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17941/1/11600013_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf identifier: WAWAN SETIA BUDI, NIM. 11600013 (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.