@phdthesis{digilib17942, month = {September}, title = {EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN THE POWER OF TWO MENGGUNAKAN LKS BERBASIS PMRI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 11600016 SUHARIYATI}, year = {2015}, note = {Sintha Sih Dewanti, M.Pd.Si.}, keywords = {Efektivitas, TAI, The Power of Two, PMRI, Pemahaman Konsep, Keaktifan Belajar Siswa}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17942/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe TAI menggunakan LKS berbasis PMRI dibandingkan model pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep siswa, (2) efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two menggunakan LKS berbasis PMRI dibandingkan model konvensional terhadap pemahaman konsep siswa, (3) efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe TAI dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two menggunakan LKS berbasis PMRI terhadap pemahaman konsep siswa, (4) efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe TAI menggunakan LKS berbasis PMRI dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap keaktifan belajar siswa.(5) efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two menggunakan LKS berbasis PMRI dibandingkan model konvensional terhadap keaktifan belajar siswa (6) efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe TAI dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two menggunakan LKS berbasis PMRI terhadap keaktifan belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experimental dengan desain nonequivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran TAI dan The Power of Two serta variabel terikat yaitu pemahaman konsep dan keaktifan belajar siswa. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP N 1 Pleret sedangkan sampel penelitian adalah kelas VII B, kelas VII D, dan kelas VII E. Instrumen penelitian berupa pretest-posttest dan pre angket-post angket sedangkan instrumen pembelajaran berupa RPP dan LKS berbasis PMRI. Teknik analisis data menggunakan statistika nonparametrik inferensial yaitu uji Kruskal-Wallis yang dilanjutkan dengan uji Mann-Withney . Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran kooperatif tipe TAI menggunakan LKS berbasis PMRI lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep, (2) model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two menggunakan LKS berbasis PMRI lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep, (3) model pembelajaran kooperatif tipe TAI menggunakan LKS berbasis PMRI tidak lebih efektif dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two menggunakan LKS berbasis PMRI terhadap pemahaman konsep, (4) model pembelajaran kooperatif tipe TAI menggunakan LKS berbasis PMRI lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensional terhadap keaktifan belajar siswa, (5) model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two menggunakan LKS berbasis PMRI lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensional terhadap keaktifan belajar siswa, (6) model pembelajaran kooperatif tipe TAI menggunakan LKS berbasis PMRI tidak lebih efektif dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two menggunakan LKS berbasis PMRI terhadap keaktifan belajar siswa.} }