TY  - THES
N1  - Dr. Ibrahim, M.Pd
ID  - digilib17943
UR  - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17943/
A1  - SEHAR TRIHATUN, NIM. 11600018
Y1  - 2015/09/20/
N2  - Literasi dan disposisi matematis merupakan kecakapan matematis yang
penting untuk dimiliki siswa terkait dengan adanya berbagai permasalahan yang
semakin sulit yang harus dihadapi siswa di dalam kehidupannya. Adapun Tujuan
dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui: (1) Interaksi antara pembelajaran dan
Kemampuan Awal Matematika (KAM) terhadap peningkatan literasi dan disposisi
matematis siswa. (2) Peningkatan kemampuan literasi matematis siswa yang
memperoleh model pembelajaran generatif lebih tinggi secara signifikan
dibanding yang memperoleh pembelajaran konvensional. (3) Peningkatan
disposisi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran generatif lebih
tinggi secara signifikan dibanding yang memperoleh pembelajaran konvensional.
Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan nonequivalent control
group design. Variabel penelitian terdiri dari dua variabel bebas berupa model
pembelajaran generatif dan KAM, serta dua variabel terikat berupa literasi dan
disposisi matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2
Yogyakarta, dengan sampel siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan
siswa kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan
yakni, instrumen pengumpul data berupa test (pretest-posttest) dan skala disposisi
matematis serta instrumen pembelajaran berupa RPP dan Lembar Aktivitas Siswa
(LAS). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik parametrik
berupa uji anava dua jalur dan uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tidak terdapat interaksi antara
pembelajaran dan KAM terhadap peningkatan kemampuan literasi dan disposisi
matematis siswa. (2) Peningkatan Kemampuan literasi matematis siswa yang
memperoleh model pembelajaran generatif lebih tinggi secara signifikan
dibanding yang memperoleh pembelajaran konvensional. (3) Peningkatan
disposisi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran generatif tidak
lebih tinggi secara signifikan dibanding yang memperoleh pembelajaran
konvensional.
PB  - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
KW  - Peningkatan
KW  -  Model Pembelajaran Generatif
KW  -  Literasi Matematis
KW  - 
Disposisi Matematis.
M1  - skripsi
TI  - PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN DISPOSISI
MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL
PEMBELAJARAN GENERATIF
AV  - restricted
ER  -