%0 Thesis %9 Skripsi %A DEWI MAHARDIANI, NIM. 11600019 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2015 %F digilib:17944 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Kemampuan Literasi Matematis, Disposisi Matematis, Model Pembelajaran Matematika Knisley (MPMK) %T PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA KNISLEY (MPMK) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17944/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh gabungan (interaksi) antara pembelajaran dan Kemampuan Awal Matematis (KAM) terhadap peningkatan kemampuan literasi matematis dan disposisi matematis siswa; serta untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi matematis dan disposisi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran menggunakan Model Pembelajaran Matematika Knisley (MPMK) dibandingkan peningkatan kemampuan literasi matematis dan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental (eksperimen semu) dengan the nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP N 1 Yogyakarta. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan siswa kelas VII C tahun ajaran 2014/2015. Teknik pengumpulan data menggunakan skala disposisi (prescale dan postscale) serta menggunakan tes kemampuan literasi matematis (pretest dan posttest). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik inferensial meliputi uji anova dua jalur dan uji-t satu pihak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh gabungan (interaksi) antara pembelajaran dan Kemampuan Awal Matematis (KAM) terhadap peningkatan kemampuan literasi matematis dan disposisi matematis; serta peningkatan kemampuan literasi dan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan Model Pembelajaran Matematika Knisley (MPMK) tidak lebih baik dibandingkan peningkatan kemampuan literasi dan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. %Z Dr. Ibrahim, M.Pd