eprintid: 17951 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/79/51 datestamp: 2015-10-21 06:34:58 lastmod: 2015-10-21 06:34:58 status_changed: 2015-10-21 06:34:58 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: FARIDATUL LAIL, NIM. 11600024 title: PENGEMBANGAN BUKU KARTUN MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL ispublished: pub subjects: pen_mat divisions: jur_pemat full_text_status: restricted keywords: Buku Kartun Matematika, Kontekstual, Kemampuan Pemahaman Konsep. note: Suparni, M.Pd abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku kartun berbasis kontekstual yang layak untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep yang layak digunakan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan model yang dikembangkan oleh Borg dan Gall. Pengembangan ini terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap pendahuluan, tahap pengembangan, dan tahap uji produk. Instrumen yang digunakan dalam penelitian meliputi lembar penilaian, angket respon siswa, dan lembar soal post-test. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Bandongan Kabupaten Magelang. Pengembangan buku kartun matematika berbasis kontekstual telah dilakukan melalui tahap pendahuluan, tahap pengembangan, dan tahap uji produk. Buku kartun matematika berbasis kontekstual yang dikembangkan memiliki karakteristik diawali dengan masalah-masalah kontekstual yang dilengkapi gambar kartun, kegiatan diskusi, dan latihan soal. Buku kartun matematika berbasis kontekstual tersebut sudah dapat dikatakan layak berdasarkan kriteria kelayakan media pembelajaran. Berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan, buku kartun matematika berbasis kontekstual sudah dikatakan valid dan termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase keidealan 87,98%. Berdasarkan hasil post-test, buku kartun matematika berbasis kontekstual telah berhasil memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi aritmetika sosial ditandai dengan 81,25% dari seluruh siswa yang mengikuti post-test memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Sehingga buku kartun matematika berbasis kontekstual dapat dikatakan efektif. Berdasarkan hasil respon, buku kartun matematika berbasis kontekstual mendapatkan respon sangat positif dari siswa. Oleh karena itu, buku kartun matematika berbasis kontekstual telah layak digunakan dalam pembelajaran matematika berbasis kontekstual. date: 2015-09-20 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: FARIDATUL LAIL, NIM. 11600024 (2015) PENGEMBANGAN BUKU KARTUN MATEMATIKA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17951/2/11600024_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17951/1/11600024_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf