%A NIM. 11600026 LILIK NUR FARIDA %O Sintha Sih Dewanti, M.Pd.Si. %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DAN LEARNING TOURNAMENT (MENGGUNAKAN LKS BERBASIS PMRI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN KERJASAMA SISWA KELAS VII SMP %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) efektivitas model pembelajaran TGT menggunakan LKS berbasis PMRI dibandingkan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, (2) efektivitas model pembelajaran Learning Tournament menggunakan LKS berbasis PMRI dibandingkan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, (3) efektivitas model pembelajaran TGT menggunakan LKS berbasis PMRI dibandingkan model pembelajaran Learning Tournament menggunakan LKS berbasis PMRI terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, (4) kerjasama siswa kelas VII SMP dalam pembelajaran dengan model pembelajaran TGT menggunakan LKS berbasis PMRI dan model pembelajaran Learning Tournament menggunakan LKS berbasis PMRI. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas berupa model pembelajaran TGT dan Learning Tournament, serta variabel terikat berupa kemampuan pemecahan masalah matematika dan kerjasama siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ngemplak, dengan sampel siswa kelas VII A, VII B dan VII C. Instrumen yang digunakan adalah soal pretest dan posttest kemampuan pemecahan masalah matematika serta lembar observasi kerjasama siswa. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan uji kruskal-wallis dengan bantuan software SPSS 15.0, sedangkan analisis data kualitatif menggunakan model alir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) model pembelajaran TGT menggunakan LKS berbasis PMRI lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, (2) model pembelajaran Learning Tournament menggunakan LKS berbasis PMRI tidak lebih efektif dibandingkan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, (3) model pembelajaran TGT menggunakan LKS berbasis PMRI lebih efektif dibandingkan model pembelajaran Learning Tournament menggunakan LKS berbasis PMRI terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, (4) kerjasama siswa kelas VII SMP dengan model pembelajaran TGT menggunakan LKS berbasis PMRI lebih baik dibandingkan model pembelajaran Learning Tournament menggunakan LKS berbasis PMRI. %K Model TGT, Model Learning Tournament, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Kerjasama Siswa. %D 2015 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib17952