eprintid: 17954 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/79/54 datestamp: 2015-10-21 06:39:11 lastmod: 2015-10-21 06:39:11 status_changed: 2015-10-21 06:39:11 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MARZUQOH, NIM. 11600028 title: PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN OSBORN ispublished: pub subjects: pen_mat divisions: jur_pemat full_text_status: restricted keywords: Kemampuan Literasi Matematis, Disposisi Matematis, Model Pembelajaran Osborn note: Dr. Ibrahim, M.Pd. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematis terhadap peningkatan kemampuan literasi dan disposisi matematis siswa serta mengetahui peningkatan kemampuan literasi dan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Osborn dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Variabel dalam penelitian ini terdiri atas 2 variabel, yaitu variabel bebas berupa model pembelajaran Osborn dan kemampuan awal matematis, sedangkan variabel terikatnya berupa kemampuan literasi matematis dan disposisi matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 14 Yogyakarta 2014/2015. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII, dengan siswa kelas VIII A sebagai siswa di kelas eksperimen dan siswa kelas VIII C sebagai siswa di kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari dua jenis instrumen yaitu instrumen pengumpulan data dan instrumen pembelajaran. instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal pretest-posttest, skala disposisi matematis dan catatan lapangan, sedangkan instrumen pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini berupa RPP dan bahan ajar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik parametrik inferensial meliputi uji anova dua jalur dan uji-t satu pihak. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 15.0 dan Microsoft Office Excel 2007. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematis terhadap kemampuan literasi matematis maupun disposisi matematis siswa serta peningkatan kemampuan literasi matematis dan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Osborn lebih baik dibandingkan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. date: 2015-09-20 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: MARZUQOH, NIM. 11600028 (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN OSBORN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17954/2/11600028_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17954/1/11600028_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf