<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGEMBANGAN KOMIK MATEMATIKA\r\nBERBASIS EDUTAINMENT UNTUK MEMFASILITASI\r\nPENCAPAIAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI\r\nBELAJAR SISWA SMP/MTS KELAS VIII\r\nPADA POKOK BAHASAN LINGKARAN"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan komik matematika berbasis\r\nedutainment untuk memfasilitasi pencapaian pemahaman konsep dan motivasi\r\nbelajar yang layak digunakan, 2) mengetahui kualitas komik matematika berbasis\r\nedutainment berdasarkan penilaian para ahli.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang\r\nmenggunakan model yang dikembangkan oleh Borg dan Gall. Pengembangan ini\r\ndilakukan dengan melalui 3 tahapan, yaitu tahap pendahuluan, pengembangan,\r\ndan uji coba produk. Instrumen penelitian yang digunakan yakni angket motivasi,\r\ntes evaluasi kemampuan pemahaman konsep, lembar pendapat siswa mengenai\r\nkualitas komik dan lembar penilaian kualitas komik untuk para ahli (dosen dan\r\nguru).\r\nBerdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) komik\r\nmatematika berbasis edutainment berhasil dikembangkan dengan tahap:\r\npendahuluan, pengembangan, dan uji coba produk, 2) kualitas komik yang\r\ndikembangkan adalah sangat baik dengan persentase keidealan 83% berdasarkan\r\npenilaian ahli materi dan baik dengan persentase keidealan 75,45% berdasarkan\r\npenilaian ahli media. Berdasarkan hasil evaluasi kemampuan pemahaman konsep,\r\nkomik dikatakan telah berhasil memfasilitasi pemahaman konsep matematika\r\nsiswa pada pokok bahasan lingkaran. Hal ini dilihat 65,62% dari banyaknya siswa\r\nyang mengikuti post-test memperoleh nilai lebih besar atau sama dengan KKM\r\n(Kriteria Ketuntasan Minimum). Persentase siswa yang memperoleh nilai lebih\r\nbesar atau sama dengan KKM pada saat pre-test adalah 0%, sehingga persentase\r\nsiswa yang memperoleh nilai lebih besar atau sama dengan KKM pada saat posttest\r\nlebih besar dibandingkan pada saat pre-test. Berdasarkan angket motivasi,\r\nkomik dikatakan dapat memfasilitasi motivasi belajar siswa. Hal ini dilihat dari\r\nperolehan skor rata-rata angket motivasi setelah menggunakan komik adalah 69,8\r\ntermasuk kategori baik dengan persentase keidealan 72,71%. Skor rata-rata angket\r\nmotivasi sebelum menggunakan komik adalah 67,1, sehingga skor rata-rata\r\nangket motivasi setelah menggunakan komik lebih besar dibandingkan dengan\r\nperolehan skor rata-rata angket motivasi sebelum menggunakan komik.\r\nBerdasarkan data yang diperoleh dari lembar pendapat siswa, kualitas komik yang\r\ndikembangkan adalah sangat baik dengan persentase keidealan sebesar 80,60%.\r\nOleh karena itu, komik matematika berbasis edutainment pada pokok bahasan\r\nlingkaran ini layak digunakan dalam pembelajaran matematika"^^ . "2015-09-20" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 11600031"^^ . "DINI HIDAYANTI"^^ . "NIM. 11600031 DINI HIDAYANTI"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN KOMIK MATEMATIKA\r\nBERBASIS EDUTAINMENT UNTUK MEMFASILITASI\r\nPENCAPAIAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI\r\nBELAJAR SISWA SMP/MTS KELAS VIII\r\nPADA POKOK BAHASAN LINGKARAN (Text)"^^ . . . "PENGEMBANGAN KOMIK MATEMATIKA\r\nBERBASIS EDUTAINMENT UNTUK MEMFASILITASI\r\nPENCAPAIAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI\r\nBELAJAR SISWA SMP/MTS KELAS VIII\r\nPADA POKOK BAHASAN LINGKARAN (Text)"^^ . . . "11600031_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN KOMIK MATEMATIKA\r\nBERBASIS EDUTAINMENT UNTUK MEMFASILITASI\r\nPENCAPAIAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI\r\nBELAJAR SISWA SMP/MTS KELAS VIII\r\nPADA POKOK BAHASAN LINGKARAN (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN KOMIK MATEMATIKA\r\nBERBASIS EDUTAINMENT UNTUK MEMFASILITASI\r\nPENCAPAIAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI\r\nBELAJAR SISWA SMP/MTS KELAS VIII\r\nPADA POKOK BAHASAN LINGKARAN (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN KOMIK MATEMATIKA\r\nBERBASIS EDUTAINMENT UNTUK MEMFASILITASI\r\nPENCAPAIAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI\r\nBELAJAR SISWA SMP/MTS KELAS VIII\r\nPADA POKOK BAHASAN LINGKARAN (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN KOMIK MATEMATIKA\r\nBERBASIS EDUTAINMENT UNTUK MEMFASILITASI\r\nPENCAPAIAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI\r\nBELAJAR SISWA SMP/MTS KELAS VIII\r\nPADA POKOK BAHASAN LINGKARAN (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN KOMIK MATEMATIKA\r\nBERBASIS EDUTAINMENT UNTUK MEMFASILITASI\r\nPENCAPAIAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI\r\nBELAJAR SISWA SMP/MTS KELAS VIII\r\nPADA POKOK BAHASAN LINGKARAN (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN KOMIK MATEMATIKA\r\nBERBASIS EDUTAINMENT UNTUK MEMFASILITASI\r\nPENCAPAIAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI\r\nBELAJAR SISWA SMP/MTS KELAS VIII\r\nPADA POKOK BAHASAN LINGKARAN (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN KOMIK MATEMATIKA\r\nBERBASIS EDUTAINMENT UNTUK MEMFASILITASI\r\nPENCAPAIAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI\r\nBELAJAR SISWA SMP/MTS KELAS VIII\r\nPADA POKOK BAHASAN LINGKARAN (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN KOMIK MATEMATIKA\r\nBERBASIS EDUTAINMENT UNTUK MEMFASILITASI\r\nPENCAPAIAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI\r\nBELAJAR SISWA SMP/MTS KELAS VIII\r\nPADA POKOK BAHASAN LINGKARAN (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #17955 \n\nPENGEMBANGAN KOMIK MATEMATIKA \nBERBASIS EDUTAINMENT UNTUK MEMFASILITASI \nPENCAPAIAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI \nBELAJAR SISWA SMP/MTS KELAS VIII \nPADA POKOK BAHASAN LINGKARAN\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Matematika" . .