eprintid: 17958 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/79/58 datestamp: 2015-10-21 06:45:22 lastmod: 2015-10-21 06:45:22 status_changed: 2015-10-21 06:45:22 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ARINA HUSNA ZAINI, NIM. 11600046 title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 6E TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 13 YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: pen_mat divisions: jur_pemat full_text_status: restricted keywords: Learning Cycle 6E, Aktivitas Belajar, Prestasi Belaja note: Dr. Ibrahim, M.Pd. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) keefektifan model pembelajaran learning cycle 6E daripada model pembelajaran konvensional terhadap peningkatan aktivitas belajar siswa, (2) keefektifan model pembelajaran learning cycle 6E daripada model pembelajaran konvensional terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan menggunakan nonequivalent control group design. Variabel penelitian terdiri dari satu variabel bebas berupa model pembelajaran learning cycle 6E dan dua variabel terikat berupa aktivitas dan prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 13 Yogyakarta dengan sampel kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen dan VIII C sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari dua jenis instrumen yaitu instrumen pengumpulan data dan instrumen pembelajaran. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi aktivitas belajar siswa, soal tes prestasi belajar siswa (pretest-posttest) dan lembar catatan lapangan, sedangkan instrumen pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini berupa RPP. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif untuk aktivitas belajar siswa dan analisis statistik parametrik berupa uji-t satu pihak digunakan untuk menganalisis prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran learning cycle 6E lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap peningkatan aktivitas belajar siswa, (2) Model pembelajaran learning cycle 6E lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. date: 2015-09-20 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: ARINA HUSNA ZAINI, NIM. 11600046 (2015) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 6E TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 13 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17958/2/11600046_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17958/1/11600046_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf