%A NIM. 11600050 RIDA PURWANTI %O Suparni, M.Pd %T EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN TIME TOKENS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA %X Penelitian ini memiliki dua tujuan, yaitu: (1) untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika menggunakan model Numbered Head Together (NHT) dan Time Tokens lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep; (2) untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika menggunakan model Numbered Head Together (NHT) dan Time Tokens lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar matematika siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain nonequivalent control group design. Variabel penelitian terdiri dari satu variabel bebas berupa pembelajaran menggunakan model NHT dan Time Tokens dan dua variabel terikat berupa pemahaman konsep dan motivasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Karangnongko Klaten dengan sampel penelitian kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen soal pretest-posttest dan angket motivasi belajar matematika. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik parametrik berupa uji T dan nonparametrik berupa uji U. Analisis data dilakukan dengan bantuan program SPSS 16.0 dan Microsoft Excel 2010. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran menggunakan model Numbered Head Together (NHT) dan Time Tokens lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep; (2) pembelajaran menggunakan model Numbered Head Together (NHT) dan Time Tokens tidak lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap motivasi belajar matematika. %K efektivitas, Numbered Head Together (NHT) dan time tokens, pemahaman konsep, motivasi belajar matematika %D 2015 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib17959