TY - THES N1 - PEMBIMBING: CASMINI, S.AG, M.SI ID - digilib1796 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1796/ A1 - NIHAYATUS SANGADAH - NIM. 04220046, Y1 - 2009/04/01/ N2 - Pondok pesantren sebagai lembaga nonformal dan interaksi lingkungan tempat mereka berada yaitu lingkungan pesantren merupakan tempat yang berpotensi untuk mengembangkan kecerdasan secara emosional. Kecerdasan emosional meliputi kesadaran diri, pengaturan diri, motivasi, empati, dan sosial Kesenjangan dalam berperilaku dapat terjadi pada seseorang yang tidak memiliki kecerdasan secara emosional, karena santri yang tidak memiliki kecerdasan emosional tidak dapat mengendalikan dan mengontrol emosinya dengan baik. Remaja merupakan kelompok yang memiliki kecenderungan untuk bereaksi terhadap frustasi, santri sebagaimana remaja juga memiliki kecenderungan untuk melakukan reaksi-reaksi frustasi. Kecerdasan emosional secara tidak langsung mempunyai sumbangan yang positif terhadap reaksi frustasidalam teorinya, tetapi pada kenyataannya yang sebenarnya masih banyak santri yang banyak melakukan bentuk-bentuk pelanggaran. PB - UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta KW - kecerdasan emosional KW - reaksi frustasi KW - santri. M1 - skripsi TI - HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN REAKSI FRUSTRASI PADA SANTRI PONDOK PESANTREN AL-HUDA KEBUMEN AV - restricted ER -