%A NIM. 08660038 ARTHALIAN FAVOURLANA %O Siti Husna Ainu Syukri, M.T. %T PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN PENDEKATAN FUZZY QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (STUDI KASUS KOPERASI GEMI KOTAGEDE) %X Persaingan berbagai jenis lembaga keuangan dewasa ini menyebabkan Koperasi GEMI Kotagede harus dapat mempertahankan eksistensinya, salah satu caranya yaitu dengan meningkatkan kualitas pelayanan. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kepuasan dari para nasabah koperasi. Maka dari itu diperlukan penelitian untuk memenuhi sebanyak mungkin harapan konsumen, tapi juga berusaha melampaui harapan-harapan konsumen tersebut. Dengan cara mengetahui kebutuhan dan keinginan konsumen kemudian menerjemahkannya kedalam karakteristik mutu yang akan menjadi acuan pengendalian mutu oleh perusahaan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui prioritas perbaikan kualitas yang perlu diutamakan oleh koperasi, untuk mengembangkan kualitas pelayanan dengan penerapan metode Fuzzy Quality Function Deployment. Berdasarkan penelitian terhadap atribut kebutuhan anggota, diperoleh urutan prioritas atribut perencanaan peningkatan kualitas pelayanan dengan atribut kredibilitas koperasi dengan bobot tertinggi sebesar 5.643% dan berdasarkan tingkat kepentingan karakteristik teknik perencanaan didapatkan hasil atribut pelatihan peningkatan kemampuan karyawan memiliki derajat kepentingan tertinggi sebesar 26.58%. Hal ini dapat menjadi prioritas pertama pihak perusahaan sebagai acuan perbaikan kualitas pelayanan koperasi. %K Fuzzy, Quality Function Deployment %D 2015 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib17973