%0 Thesis %9 Skripsi %A AGUS M. HIDAYAT, NIM.03410003 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2007 %F digilib:18022 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K pembelajaran al-qur'an , baca tulis al-qur'an, smp piri ngaglik sleman %T PEMBELAJARAN AL-QUR'AN DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR'AN DI SMP PIRI NGAGLIK SLEMAN %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18022/ %X AGUS M. HIDAYAT. Pembelajaran Al-Qur'an dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Baca Tulis Al-Qur'an di SMP PIRI Ngaglik Sleman. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga. 2006 Penelitian ini bcrtujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pembelajaran Al-Qur'an dan pengaruhnya terhadap kemampuan baca tulis Al-Qur'an di SMP PIRI Sleman. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan kegiatan pembelajaran Al-Qur'an untuk siswa-siswi di SMP PIRI, baik dalam segi metode maupun materinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SMP PIRI Ngaglik. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, tes kemampuan dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memaknai data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah kemudian ditarik sebuah kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan dua modus. yaitu dcngan menggunakan sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian menunjukan ( l) Tujuan dari kegiatan pembelajaran Al-Qur'an adalah untuk mengembangkan potensi atau kemampuan baca tulis Al-Qur'an serta pada tingkat pemahaman terhadap ayat-ayat Al Quran, seperti yang dikehendaki dari kegiatan pembelajaran Al-Qur'an ini. (2) Bcntuk kegiatan pembelajaran Al-Qur'an dengan nama kegiatan Qur'anisasi yang dikenal di SMP PIRI Ngaglik dilaksanakan pada pagi hari sebelum jam pertama dimulai dan kegiatan tersebut dipandu oleh guru masing-masing kelas yang kebelulan pada jam pertama mengajar di kelas tersebut. (3). Sampai saat ini, kegiatan pembelajaran Al-Qur'an mengalami perkembangan, akan tetapi perkembangan tersebut hanya pada materinya saja tidak secara menyeluruh baik dalam metode, pendidik dan sebagainya. Pada dasarnya dengan adanya perubahan tersebut masih belum maksimal, karena tidak cukup perubahan dalam bentuk materi saja akan tetapi metode serta pendidik yang professional juga harus mengalami pcrubahan, karena realitasnya kebanyakan siswa-siswi belum bisa dikategorikan mampu dalam membaca dan menulis Al-Qur'an dengan baik dan benar. %Z Drs. H. Muchammad Asrori, M.Pd.