<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "OPTIMALISASI APLIKASI AYAT-AYAT AL-QUR'AN\r\nSEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR BIOLOGI\r\nDALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP\r\nKONSEP PENGELOLAAN LINGKUNGAN"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah optimalisasi\r\naplikasi ayat-ayat Al-Qur'an sebagai alternatif bahan ajar biologi dapat\r\nmeningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep materi pengelolaari lingkungan\r\ndan apa saja faktor pendukung serta penghambat dalam upaya optimalisasi\r\naplikasi ayat-ayat Al-Qur'an sebagai altematifbahan ajar pada materi pengelolaan\r\nlingkungan.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action\r\nresearch ). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. tiap siklus\r\nmeliputi empat aspek pokok, yaitu; perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan,\r\nobservasi, dan refleksi. Subjek adalah siswa kelas VII A 1 semester II Tahun\r\najaran 2005/2006 SMP Muhammadiyah II Yogyakarta dengan jumlah siswa 36\r\norang. Penelitian mulai dilaksanakan pada bulan April sampai Juni 2006.\r\nInstrumen penelitian berupa angket, lembar observasi, soal tes tertulis dan\r\npedoman wawancara. Analisis data yang digunakan adalah ana1isis statistik\r\ndeskriptif.\r\nHasil analisis menunjukkan bahwa, (1) Pembelajaran yang menggunakan\r\naltematif bahan ajar biologi yang berisi materi yang telah diintegrasikan dengan\r\nayat-ayat Al-Qur'an dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep\r\npengelolaan lingkungan. (2) Faktor pendukung yang ditemui selama pembelajaran\r\ndengan menggunakan altematif bahan ajar ini adalah: a. pengembangan\r\nkurikulum KBK yang memberi kesempatan pada guru untuk melakukan inovasi\r\nterhadap swnber belajar dan bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran\r\nmembuat optimalisasi penggunaan ayat-ayat Al•Qur'an sebagai altematif bahan\r\najar ini dapat digunakan oleh guru sebagai salah satu inovasi tersebut, b.\r\ntanggapan positif guru dan siswa terhadap penggunaan altematif bahan ajar ini\r\ndalam pembelajaran biologi pada materi pengelolaan Jingkungan. Sedangkan\r\nfaktor penghambat yang ditemui selama pembelajaran dengan menggunakan\r\naltematif bahan ajar ini adalah kurangnya pemahaman siswa terhadap bahan ajar.\r\nHal ini terlihat dari sedikitnya siswa yang mencapai skbm, meski terdapat\r\npeningkatanjwnlah siswa pada siklus II. Selain keberhasilan atau kegaga1an siswa\r\ntidak semata-mata ditentukan oleh faktor kemampuan yang dimilikinya, namun\r\njuga ditentukan oleh minat. perhatian dan motivasi belajar siswa. Waktu\r\npenelitian yang singkat juga merupakan penyebab kurangnya pemahaman siswa."^^ . "2006-09-20" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 01450655"^^ . "AVIT KURNIADNI"^^ . "NIM. 01450655 AVIT KURNIADNI"^^ . . . . . . "OPTIMALISASI APLIKASI AYAT-AYAT AL-QUR'AN\r\nSEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR BIOLOGI\r\nDALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP\r\nKONSEP PENGELOLAAN LINGKUNGAN (Text)"^^ . . . "OPTIMALISASI APLIKASI AYAT-AYAT AL-QUR'AN\r\nSEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR BIOLOGI\r\nDALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP\r\nKONSEP PENGELOLAAN LINGKUNGAN (Text)"^^ . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "OPTIMALISASI APLIKASI AYAT-AYAT AL-QUR'AN\r\nSEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR BIOLOGI\r\nDALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP\r\nKONSEP PENGELOLAAN LINGKUNGAN (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "OPTIMALISASI APLIKASI AYAT-AYAT AL-QUR'AN\r\nSEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR BIOLOGI\r\nDALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP\r\nKONSEP PENGELOLAAN LINGKUNGAN (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "OPTIMALISASI APLIKASI AYAT-AYAT AL-QUR'AN\r\nSEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR BIOLOGI\r\nDALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP\r\nKONSEP PENGELOLAAN LINGKUNGAN (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "OPTIMALISASI APLIKASI AYAT-AYAT AL-QUR'AN\r\nSEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR BIOLOGI\r\nDALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP\r\nKONSEP PENGELOLAAN LINGKUNGAN (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "OPTIMALISASI APLIKASI AYAT-AYAT AL-QUR'AN\r\nSEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR BIOLOGI\r\nDALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP\r\nKONSEP PENGELOLAAN LINGKUNGAN (Other)"^^ . . . . . . "OPTIMALISASI APLIKASI AYAT-AYAT AL-QUR'AN\r\nSEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR BIOLOGI\r\nDALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP\r\nKONSEP PENGELOLAAN LINGKUNGAN (Other)"^^ . . . . . . "OPTIMALISASI APLIKASI AYAT-AYAT AL-QUR'AN\r\nSEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR BIOLOGI\r\nDALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP\r\nKONSEP PENGELOLAAN LINGKUNGAN (Other)"^^ . . . . . . "OPTIMALISASI APLIKASI AYAT-AYAT AL-QUR'AN\r\nSEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR BIOLOGI\r\nDALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP\r\nKONSEP PENGELOLAAN LINGKUNGAN (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #18029 \n\nOPTIMALISASI APLIKASI AYAT-AYAT AL-QUR'AN \nSEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR BIOLOGI \nDALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP \nKONSEP PENGELOLAAN LINGKUNGAN\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Biologi" . .