@phdthesis{digilib18030, month = {September}, title = {PENERAPAN TEORI ANDRAGOGI DALAM PENGAJARAN FISIKA KELAS VII MTS PSM MAGETAN JAWA TIMUR}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 00460339 BIBIT DARSINI}, year = {2007}, note = {Agus Mulyanto M.Kom}, keywords = {Motivasi, Prestasi, Andragogi}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18030/}, abstract = {BIBIT DARSINI. Penerapan Teori Andragogi dalam pengajaran Fisika pada siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Pesantren Sabilil Muttaqin Magetan Jawa Timur. Skripsi.Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2006. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi dalam pembelajaran Fisika pada siswa kelas VII Madrasasah Tsanawiyah Pesantren Sabilil Muttaqin Magetan Jawa Timur. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadikan motivasi para guru untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas VII semester Genap di Madrasah Tsanawiyah Pesantren Sabilil Muttaqin Magetan Jawa Timur Tahun ajaran 2005/2006. Subyek penelitian berjumlah 25 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, Angket siswa dan Guru, wawancara tidak terstruktur, dokumentasi dan tes evaluasi. Analisi Data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan melalui beberapa tahapan yaitu Tehnik pengumpulan data, Tabulasi, Triangulasi, dan Display data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Melalui pendekatan Andragogi yang mengutamakan prinsip dialog, demokratis dan menekan pengalaman siswa dalam pro:Jo3 pcmbclnjnrw1, dapat m..:.n.li1!;;;katka.u Mvtif{\texttt{\char126}}i Ldajcu siswa, Jalcuu pelaksanaannya guru selalu aktif menstimulus siswa agar mampu mengeluarkan gagasan dan mengarahkan siswa untuk bisa menggali, mengungkapkan pengalamannya yang kcmudian diakumulasikan dengan materi yang aJa. Guru 3olalu mcnciptnknn pl-,5itif ThinAinlS pttua :si:swa, :sdilugga siswa mampu menumhuhkan pP.r{\texttt{\char126}}{\texttt{\char126}}ya rliri (?) n,..nr;{\texttt{\char126}}n v{\texttt{\char126}}nd{\texttt{\char126}}bttan Andragogi cbpnt meningkatkan prestasi siswa dalam pelaksanaannya guru mengarahkan siswa untuk mandiri dalam belajar, guru tidak memberikan rangkuman pelajaran akan ldapi siswa st:ndiri yang membuat catatan yang kemudian dtd.tskuslkan pacta kelompok masing-masin{\texttt{\char126}}. dan dipresentasibn hP.r..-:{\texttt{\char126}}m{\texttt{\char126}} h{\texttt{\char126}}mnr!hm gum menyempurnakan dengan memberikan penjelasan ulang dengan metode tanya jawab.} }