%0 Thesis %9 Skripsi %A ERI FARIFAH, NIM. 02451241 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2007 %F digilib:18032 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Pemahaman , Kerja Kelompok, dan Pendekatan Konstruktivisme %T PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA MELALUI KERJA KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA POKOK BAHASAN JAMUR UNTUK SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18032/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk. ( 1) Mengetahui keterlaksanaan proses pembe1ajaran bio1ogi dengan pendekatan konstruktivisme pada pokok bahasan jamur yang dilaksanakan oleh siswa kelas XA SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta semester I Tahun Ajaran 2006/2007. (2) Mengetahui jumlah siklus yang dilakukan untuk mencapai kompetensi pemahaman siswa pada proses pembelajaran biologi dengan pendekatan konstruktivisme. (3) Mengetahui perkembangan tingkat pemahaman siswa untuk setiap siklus yang dilakukan pada proses pembelajaran biologi dengan pendekatan konstruktivisme polmk hflhasan jamur untul' !li!lwu kclas XA SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta semester I Tahun Ajaran 2006/2007. besain penelitian ini ada1ah Penelitian Tindakan Ke1as (Classroom Action Reseach) yang dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakaria oleh siswa kelas XA semester I Tahun Ajaran 2006/2007 dengan jumlah siswa 38 orang. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Siklus I sub pokok bahasan Klasiftkasi Jamur dan siklus ll sub pokok bahasan Peran Jamur Bagi Kehidupan. Data pemahaman konsep (kognitif) siswa diperoleh dati hasil soal pretes dan postes. Data keaktifan siswa saat diskusi kelaS diperoleh me:lRhli ob~ervasi pada ount pcmbc.lajarau .,~i.lang barlungsung. Uata pemahaman konsep siswa dianalisis secara deskriptif dengan cara mencari ejfeci size ( selisih rerata pretes dan postes ). Perbedaan yang signittkan adalah apabila nilai rerata postes lebih besar dari nilai rerata pretes. Data keaktifan siswa dianalisis secara ~elikriptif Of.m~qn tolmiJt }'K