@phdthesis{digilib18041,
           month = {October},
           title = {STUDI DOKUMENTASI TENTANG GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENANGANI KENAKALAN SISWA DI SLTP MUHAMMADIYAH I GODEAN YOGYAKARTA},
          school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA},
          author = {NIM.: 96413279 Zulis Farida Burhani},
            year = {2003},
            note = {Pembimbing: Drs. A. Miftah Baidlowi, M.Pd},
        keywords = {Bimbingan Konseling, Guru, Kenakalan Siswa},
             url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18041/},
        abstract = {Penelitian ini membahas bentuk-bentuk kenakalan siswa di SLTP Muhammadiyah 1 Godean Yogyakarta, penyebabnya, serta upaya guru bimbingan dan konseling dalam menanganinya. Kenakalan siswa digolongkan menjadi tiga tingkat, yaitu ringan, sedang, dan berat. Penyebab kenakalan berasal dari faktor internal, seperti perkembangan kepribadian yang terganggu dan taraf intelegensi yang rendah, serta faktor eksternal, seperti lingkungan pergaulan yang buruk dan kurangnya dukungan keluarga. Guru bimbingan dan konseling melakukan pendekatan preventif, represif, dan kuratif untuk menangani kenakalan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya ini efektif dalam mengurangi kenakalan siswa. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket dengan pendekatan kualitatif, melibatkan 40 siswa yang sering melakukan pelanggaran di sekolah.}
}