TY  - THES
N1  - Dra. Nadlifah, M.Pd
ID  - digilib18048
UR  - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18048/
A1  - DIAN NOVITASARI, NIM. 03470576
Y1  - 2007/09/04/
N2  - Dian Novitasari. Efektivitas Pengelolaan Kelas Oleh Guru Pendidikan Agama
Islam (Studi Kasus Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta II). Skripsi.
Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2007.
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan bagaimana efektivitas
pengelolaan kelas XI yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam dan faktor faktor
yang ada dalam efektivitas pengelolaan kelas, baik itu faktor pendukung
maupun faktor penghambat.
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri
Yogyakarta II tahun ajaran 2006/2007, guru pendidikan agama Islam yang mengajar
kelas XI serta kepala sekolah Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta II.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (I) Efektivitas pengelolaan kelas XI
yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam belum sepenuhnya terlaksana
secara optimal dan maksimal. Untuk itu guru pendidikan agama Islam melakukan
optimalisasi efektivitas pengelolaan kelas dengan berbagai kemampuan yang dimiliki,
walaupun terkadang guru sadar untuk dapat efektif secara maksimal masih sulit
dilakukan. Kemampuan guru pendidikan agama Islam dalam efektivitas pengelolaan
kelas, meliputi: persiapan guru sebelum dimulai pembelajaran, pendekatan
pengelolaan kelas, keterampilan pengelolaan kelas, teknik pengelolaan kelas. Namun,
sebelumnya guru perlu mengetahui tujuan dari melakukan efektivitas pengelolaan
kelas dan setelah semuanya dilakukan maka guru melakukan tindakan evaluasi dalam
efektivitas pengelolaan kelas. (2) Faktor pendukung dalam efektivitas pengelolaan
kelas XI yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam adalah dari siswa berupa
kelengkapan catatan pelajaran, kesiapan jasmani dan rohani serta antusias siswa
menjawab pertanyaan guru, siswa tidak dalam keadaan mempunyai masalah, latar
belakang yang berbeda-beda. Faktor pendukung lainnya dari guru berupa kesiapan
jasmani rohani, kepemimpinan yang demokratis, persiapan guru sehelum dimulai
pelajaran,format belajar mengajar yang bervarisi. Selain itu faktor dari sekolah
berupa belum ada usaha untuk melengkapi peralatan, ruang kelas jauh dari keramaian,
sekolah ikut membantu guru menangani masalah siswa. Faktor Iain dari lingkungan
sekolah yang berupa lingkungan strategis jauh dari keramaian pasar, mall tetapi dekat
dengan jalan raya. Namun, hal ini tidak mengganggu karena kelas jauh dari
kebisingan jalan raya. Adapun selain faktor pendukung yaitu faktor penghambat yang
datang dari siswa berupa kurang minatnya siswa masuk madrasah, terlalu padatnya
bidang studi yang harus dipelajari sehingga siswa terlalu berpikir lelah. Faktor lain
dari guru berupa masih ada guru yang belum mengerti pentingnya kompetensi yang
wajib dimiliki, masih ada guru mencari income di luar jam pelajaran, penguasaan
kelas kuaran maksimal, kekurangtahuan sebagian guru tentang pengelolaan kelas.
selaian itu faktor datang dari sekolah berupa kurangnya fasilitas yang berkaitan dengan
bidang studi pendidikan agama Islam, input tidak sesuai harapan. Adapun faktor dari
lingkungan sekolah berupa belum adanya dukungan masyarakat sekitar dalam
menangani siswa bermasalah, lingkungan sekolah dekat dengan jalan raya.
PB  - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
KW  - efektivitas pengelolaan kelas
KW  - 
guru pendidikan agama islam
M1  - skripsi
TI  - EFEKTIVITAS PENGELOLAAN KELAS OLEH
GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
(Studi Kasus Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta II )
AV  - restricted
EP  - 144
ER  -