<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KONSEP PENDIDIKAN MULTIKULTURAL H.A.R TILAAR\r\nRELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM"^^ . "Dyah Herlinawati, Judul: KONSEP PENDIDIKAN MULTIKULTURAL\r\nH.A.R TILAAR DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN Islam,\r\nskripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah, UIN Sunan Kalijaga, 2007. Maksud dari\r\njudul penelitian ini adalah bahwa skripsi ini dimaksudkan untuk mengeksplorasi\r\n(menggali) pokok-pokok pikiran Tilaar tentang pendidikan multikultural,\r\nkemudian mencari titik relevansinya (kesesuaian) dengan pendidikan Islam.\r\nPemilihan judul di atas didasarkan pada pertimbangan-pertimbangan antara lain;\r\nadanya kesamaan semangat dalam konsep pendidikan multikultural yang\r\ndikernukakan oleh Tilaar dengan pendidikan Islam, melihat kenyataan bahwa\r\nselama ini pendidikan Islam masih menghadapi kendala yang cukup serius dalam \r\npelaksanaannya di mana pendidikan Islam masih bersifat eksklusif dan kurang\r\nmenghargai perbedaan yang melekat pada peserta didik sebagai bagian dari\r\nbudayanya masing-masing, serta kemungkinan untuk menerapkan konsep\r\npendidikan multikultural Tilaar dalarn sistem pendidikan Islam.\r\nUntuk mencapai sasaran tersebut dalam penelitian ini diajukan dua\r\npertanyaan pokok sebagai berikut; (1) Bagaimanakah pemikiran H.A.R. Tilaar\r\ntentang pendidikan multikultural ? (2) Bagaimanakah relevansi pemikiran H.A.R.\r\nTilaar tentang pendidikan multikultural dengan pendidikan Islam?\r\nAgar mendapatkan jawaban atas dua pertanyaan di atas, penelitian ini\r\ndilaksanakan sebagai penelitian kepustakaan (library research) dengan cara\r\nmengelaborasi pemikiran Tilar melalui referensi-referensi primer maupun skunder\r\nyang ada serta relevan dengan tema penelitian. Referensi-referensi tersebut lalu\r\ndiolah dengan metode analisis isi (cantent analysis) yang bertujuan untuk\r\nmendapatkan inti dari data dan inforrnasi kemudian di analisis dengan model\r\nberfikir deduktif, yakni berangkat dari teori umum untuk menemukan kesimpulan\r\nyang bersifat aplikatif. Sedangkan pendekatan yang digunakan berupa pendekatan\r\nnormatif, dalam arti bahwa penelitian ini ditujukan untuk menawarkan konsep-konsep\r\nbaru sebagai alternatif yang tidak mengikat, untuk merumuskan\r\npendidikan multikultural Islam.\r\nHasil temuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut; (I) Pada\r\ndasarnya konsep pendidikan multikultural yang digagas oleh Tilaar tidak\r\nbermaksud menghapus perbedaan kultur dalam dunia pendidikan. Sebaliknya,\r\nperbedaan tersebut diakui dalam bentuk kesadaran bersama akan perbedaan\r\ntersebut, untuk kemudian timbul saling memahami antara sistem budaya yang satu\r\ndengan Iainnya dan menjalin interaksi yang harmonis; (2) Konsep pendidikan multikultural yang digagas oleh Tilaar selaras dengan semangat pendidikan Islam,\r\ndimana Islam tidak membedakan peserta didik berdasarkan perbedaan etnis,\r\nbahasa, sistem budaya bahkan agama. Dalam kancah pendidikan Islam membuka\r\npeluang yang sama kepada seluruh peserta didik untuk \"berlomba dalam\r\nkebaikan\" demi meraih prestasi tertinggi (iman dan taqwa); (3) Perbedaan\r\nmendasar antara konsep pendidikan multikultural Tilaar dengan pendidikan Islam\r\nterletak pada adanya landasan ideologis (agama; keimanan) dalam pendidikan\r\nIslam, sementara aspek ideologis dalam konsep Tilaar diterjemahkan dalam\r\nbentuk etika bersama yang harus dijunjung tinggi.\r\nBcrdasarkan temuan-temuan tersebut, maka dapat ditarik suatu kesimpulan\r\nbahwa konsep pendidikan multikultural yang digagas oleh Tilaar sejalan dengan\r\npendidikan Islam. Karena itu sangat mungkin untuk menerapkannya dalam\r\npendidikan Islam dengan melakukan modifikasi dan penyesuaian dalam beberapa\r\naspek, terutama pada aspek idiologisnya dimana idiologi \"etika bersama\" yang\r\ndiajukan oleh Tilaar masih samar dan tidak merniliki parameter yang jelas. Jika\r\npendidikan multikultural hendak diterapkan pada sistem pendidikan Islam, maka\r\nidilogi Islam tidak bisa ditinggalkan, di samping parametemya sudah jelas juga\r\nkarena sifatnya yang universal sehingga dapat diterapkan untuk semua kondisi\r\ndan sistem budaya yang beragam."^^ . "2007-10-05" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 00470027"^^ . "DYAH HERLINAWATI"^^ . "NIM. 00470027 DYAH HERLINAWATI"^^ . . . . . . "KONSEP PENDIDIKAN MULTIKULTURAL H.A.R TILAAR\r\nRELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM (Text)"^^ . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "KONSEP PENDIDIKAN MULTIKULTURAL H.A.R TILAAR\r\nRELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM (Text)"^^ . . . "KONSEP PENDIDIKAN MULTIKULTURAL H.A.R TILAAR\r\nRELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP PENDIDIKAN MULTIKULTURAL H.A.R TILAAR\r\nRELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP PENDIDIKAN MULTIKULTURAL H.A.R TILAAR\r\nRELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP PENDIDIKAN MULTIKULTURAL H.A.R TILAAR\r\nRELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP PENDIDIKAN MULTIKULTURAL H.A.R TILAAR\r\nRELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KONSEP PENDIDIKAN MULTIKULTURAL H.A.R TILAAR\r\nRELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KONSEP PENDIDIKAN MULTIKULTURAL H.A.R TILAAR\r\nRELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KONSEP PENDIDIKAN MULTIKULTURAL H.A.R TILAAR\r\nRELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #18049 \n\nKONSEP PENDIDIKAN MULTIKULTURAL H.A.R TILAAR \nRELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .