%A NIM. 03470621-02 HAIATIN KHASANAH %O Dra. Siti Johariyah, M.Pd %T FUNGSI KEPALA SEKOLAH SEBAGAI ADMINISTRATOR PENDIDIKAN DI SMP NEGERI I PETANAHAN KEBUMEN %X Haiatin khasanah. Peran Kepala Sekolah Sebagai Administrator Pendidikan di SMP Negeri I Petanahan Kebumen. Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2007. Kepala sekolah merupakan figur sentral yang harus menjadi teladan bagi para tenaga kependidikan lain di sekolah. Oleh karena itu, untuk menunjang keberhasilan dalam perubahan-perubahan yang dilakukan dan diharapkan, perlu dipersiapkan kepala sekolah professional, yang mampu melakukan perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi terhadap berbagai kebijakan dan perubahan yang dilakukan secara efektif dan efesien. Dan kegiatan tersebut merupakan fungsi administrasi pendidikan yang harus dijalankan oleh kepala sekolah sebagai administrator pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis tentang peran kepala sekolah sebagai administrator pendidikan di SMP Negeri I Petanahan Kebumen serta faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi kepala sekolah dalam menjalankan perannya sebagai administrator pendidikan. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat memberikan informasi kepada pihak sekolah akan pentingnya administrasi pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang SMP Negeri I Petanahan Kebumen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Analisa data dilakukan dengan analisa kualitatif yang menggunakan pola berfikir induktif dan deduktif Hasil penelitian menunjukkan bahwa (I) peran kepala sekolah sebagai administrator pendidikan di SMP Negeri I Petanahan Kebumen yaitu dengan melaksanakan fungsi-fungsi administrasi yang meliputi, perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengoordinasian, pengawasan dan evaluasi, (2) diantara faktor yang mendukung yaitu adanya semangat kerja para personal dan rasa kebersamaan dilingkungan sekolah, (3) sedangkan yang menjadi faktor penghambat diantaranya, waktu kegiatan yang bersamaan dalam menyelenggarakan kegiatan, terbatasnya dana untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan, ( 4) usaha yang dilakukan kepala sekolah dalam mengatasi kesulitan yang dihadapi yaitu dengan cara mempertimbangkan kegiatan yang lebih penting untuk didahulukan, dan mengadakan penggalian dana pada instansi-instansi lain . %K kepala sekolah, administrator pendidikan %D 2007 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib18051