relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18073/
title: MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI DALAM  IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN  PENDIDIKAN (KTSP)  DI SMA NEGERI 6 YOGYAKARTA
creator: SHOLIHUL HADI, NIM: 02471316
subject: Pendidikan Islam (Pesantren)
description: SHOLIHUL HADI, Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Dalam Implementasi Kurikulum  Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di SMA Negeri 6 Yogyakarta.  Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga  Yogyakarta, 2007.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: bagaimana motivasi belajar siswa  kelas XI dalam menghadapi kurikulum baru yaitu KTSP; bagaimana proses  diberlakukannya kurikulum tersebut; dan bagaimana strategi/ metode pembelajaran yang  digunakan guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI SMA 6 Yogyakarta.  Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field risearch) yang bersifat  deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini  adalah seluruh siswa kelas XI dan 10 guru SMA 6 Yogyakarta.  Hasil dari penelitian ini adalah bahwa respon siswa terhadap diberlakukannya  Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) tergolong biasa-biasa saja. Hal ini bisa  dilihat dari jumlah siswa yang lebih banyak mengaku biasa-biasa saja, yaitu sebanyak  198 siswa alau 77% dari total 257 siswa kelas XI yang telah mengembalikan angket.  Sementara yang senang terhadap diberlakukannya KTSP ini sebanyak 32 siswa atau  12.5%, serta 1 siswa (0.4%) mengaku sangat senang. 22 siswa lainnya (8.6%) merasa  tidak senang dan 4 siswa (1.6%) merasa sangat tidak senang. Jelas sekali bahwa  diberlakukannya KTSP di SMA 6 Yogyakarta kurang mendapat respon positif dari para  siswa kelas XI, yang mengalami pemberlakuan 2 kurikulum yang berbeda pada 2 tahun  terakhir.  Namun dengan diterapkannya KTSP suasana belajar siswa di kelas adalah  nyaman. Dari 257 siswa kelas XI yang telah mengembalikan angket, sekitar 202 siswa  atau 78.6% merasa cukup nyaman bahkan ada 2 siswa (0.8%) merasa sangat nyaman.  Hanya ada 8 siswa (3.1%) dari 1 siswa (1.6%) yang merasa tidak nyaman dan sangat  tidak nyaman, sementara sisanya 41 siswa (16%) merasa biasa-biasa saja. Jadi dengan  diberlakukannya KTSP sangat berpengaruh besar terhadap suasana pembelajaran yang  nyaman dan kondusif di SMA 6 Yogyakarta.  Secara umum dalam implementasi KTSP, dalam diri siswa kelas XI SMA 6  Yogyakarta tumbuh motivasi yang tinggi untuk meningkatkan belajar. Hal ini dapat  diketahui dari total 257 siswa kelas XI yang telah mengembalikan angket, sebanyak 181  siswa (70.4%) merasa cukup termotivasi, 21 siswa (8.2%) merasa sangat termotivasi dan  37 siswa (14.4%) merasa kurang termotivasi, hanya 12 siswa (4.7%) merasa tidak  termotivasi dan 6 siswa (2.3%) merasa sangat tidak termotivasi.  Metode/ Strategi pembelajaran yang digunakan guru ternyata dapat membantu  untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI SMA 6 Yogyakarta. Fakta ini dapat  dilihat dari 182 siswa (70.8%) dari jumlah total 257 siswa kelas XI yang telah  mengembalikan angket, menyatakan bahwa metode yang selama ini diterapkan guru  dapat membantu untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, 9 siswa (3,5%) menyatakan  sangat membantu dan 53 siswa (20.6%) menyatakan kurang membantu. Hanya ada 11  siswa (4.3%) dan 2 siswa (0.8%) yang menyatakan bahwa metode pembelajaran yang  telah diterapkan guru tidak dapat membantu dan sangat tidak membantu untuk  meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI SMA 6 Yogyakarta.
date: 2007-09-14
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: en
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18073/1/BAB%20I%2C%20IV%20DAN%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
format: text
language: en
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18073/2/BAB%20II%2C%20III.pdf
identifier:   SHOLIHUL HADI, NIM: 02471316  (2007) MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI SMA NEGERI 6 YOGYAKARTA.  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.